Harga Vaksin Gotong Royong Rp 1 Juta per Orang, Pengusaha Sanggup Bayar?

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Senin, 10 Mei 2021 06:00 WIB
Infografis Vaksinasi Gotong Royong
Foto: Infografis detikcom/ Mindra Purnomo: Infografis Vaksinasi Gotong Royong

Rosan juga mengatakan, sebetulnya pengusaha masih bisa mendapatkan harga lebih murah untuk biaya vaksinasi gotong royong. Syaratnya, perusahaan harus punya fasilitas kesehatan yang mumpuni dan memenuhi standar Kementerian Kesehatan.

Bila normalnya per orang harganya Rp 1 juta, bila punya fasilitas kesehatan sendiri perusahaan hanya perlu membayar Rp 750 ribu per orang untuk dua kali dosis penyuntikan.

"Tapi, apabila perusahaannya itu sudah punya fasilitas kesehatan sendiri punya rumah sakit sendiri yang memenuhi standar Kemenkes, itu silakan mengadakan vaksinasi sendiri. Harganya lebih murah tidak Rp 1 juta, tapi Rp 750 ribu per orang," ungkap Rosan.

Rosan menambahkan sampai saat ini sudah ada 10 juta orang yang didaftarkan ke dalam program vaksinasi gotong royong. Dia mengatakan targetnya 7,5 juta orang akan divaksin hingga bulan September mendatang.

"18 Mei ini kita akan vaksin untuk 187 ribu orang dulu, kemudian sampai September itu berdasarkan vaksinnya akan ada 7,5 juta yang disuntik. Kemudian tunggu vaksin lain masuk di kuartal IV," jelas Rosan.

Prioritas vaksinasi akan dilakukan untuk para pekerja manufaktur di zona merah. Rosan menyebut Jabodetabek jadi wilayah pertama vaksinasi gotong royong.

"Ini akan difokuskan ke zona merah dan pekerja manufaktur, cuma awal-awal ini mungkin karena lebih mudah jadi di daerah Jabodetabek dulu," ungkap Rosan.


(hal/zlf)