Kemampuan Bahasa Inggris Sekolah Kedinasan Kemenhub Diadu, Siapa Juaranya?

ADVERTISEMENT

Kemampuan Bahasa Inggris Sekolah Kedinasan Kemenhub Diadu, Siapa Juaranya?

Tim detikcom - detikFinance
Sabtu, 22 Mei 2021 09:09 WIB
Para siswa Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) berkunjung dan melihat langsung KN Tanjung Datu Bakamla RI, yang bersandar di Pelabuhan JICT, Tanjung Priok, Jakarta.
Foto: Pool

ITEO 2021 ini diikuti oleh sebanyak 354 taruna dari 23 Perguruan Tinggi, yang dibagi dalam delapan kategori kejuaraan, yaitu: Lomba Debat (English Debate); Lomba Pidato (Speech); Lomba Bercerita (Story Telling); Lomba Menulis Cerita (Story Writing); Lomba Menyiarkan Berita (News Casting); Lomba Karya Ilmiah (Scientific Paper); Lomba Presentasi Berbahasa Inggris (English Presentation); dan Lomba Promosi Bisnis (Business Pitching).

"Babak penyisihan dilakukan secara virtual di semua kategori, yang berlangsung pada 9-11 April 2021. Sebanyak 79 taruna dari 17 sekolah dan akademi mengikuti babak Semifinal dan grand final pada Kamis (20/5). Khusus untuk scientific paper dan story writing telah dilaksanakan final pada tanggal 4 Mei 2021 dan grand final debate, baru saja seesai sebelum dilaksanakannya penutupan ITEO 2021" ungkap Zulfikri.

Zulfikri mengucapkan selamat kepada para pemenang dan mendorong taruna dan taruni untuk terus prestasi. Ia juga menyemangati seluruh peserta yang belum berhasil meraih juara agar tidak patah semangat dan terus berupaya serta tidak hanya di bidang bahasa inggris tapi juga pada bidang lainnya. Secara khusus ia mengapresiasi pemenang lomba menulis cerita yang telah menyusun kumpulan cerpen bahasa Inggrisnya dalam sebuah buku berjudul :A Sea of Imagination yang dibagikan pada penuntupan ITEO 2021 ini.

Pada kesempatan yang sama, Juri Kehormatan dari Universitas Leeds, Inggris, Hywel Coleman mengaku bangga dan salut atas penampilan dari para taruna dan taruni Sekolah Tinggi BPSDM Perhubungan dalam menguasai bahasa Inggris. Bahkan dirinya kagum dengan persaingan yang sangat ketat antar perserta lomba.

"Mereka semua bagus-bagus, saya berharap potensi kemahiran dalam berbahasa Inggris ini dapat dipertahankan hingga mereka bekerja nanti, sebab hal ini sebagai modal mereka bersaing di dunia kerja nanti" kata Coleman.

Berikut ini para pemenang dari masing-masing kategori lomba pada ITEO 2021 :

1. Scientific Paper
- Juara 1: PIP Semarang
- Juara 2: PKTJ Tegal
- Juara 3: Poltekbang Surabaya

2. Story Writing
- Juara 1: STIP Jakarta
- Juara 2: PIP Semarang
- Juara 3: PTDI STTD Kampus Mempawah.

3. Speech
- Juara 1: PPI Madiun
- Juara 2: API Banyuwangi
- Juara 3: Poltekbang Medan.

4. English Presentation
- Juara 1: STIP Jakarta
- Juara 2: PIP Madiun
- Juara 3: PIP Makassar

5. News casting
- Juara 1: STIP Jakarta
- Juara 2: PIP Semarang
- Juara 3: PPI Madiun

6. Business pitching
- Juara 1: STIP Jakarta
- Juara 2: Poltekbang Surabaya
- Juara 3: PTDI-STTD Bekasi.

7. Story telling
- Juara 1: PPI Curug
- Juara 2: PIP Semarang
- Juara 3: Poltrada Bali.

8. Debate
- Juara 1: STIP Jakarta
- Juara 2: PTDI STTD Bekasi
- Juara 3: PPI Curug.

Keluar sebagai Juara Umum pada ITEO 2021 adalah STIP Jakarta. Seluruh pemenang mendapatkan piagam, medali, piala dan tabungan pendidikan dari Bank BTN.


(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT