e-Life

Tonton Ini Kalau Kamu Belanja Online dengan COD

dtv - detikFinance
Selasa, 25 Mei 2021 11:29 WIB
Jakarta -

COD (Cash on Delivery) merupakan salah satu sistem pembayaran yang dapat digunakan saat berbelanja online. Tanpa ribet, berikut merupakan syarat dan ketentuan COD yang dijabarkan oleh Ketua Umum Indonesian e-Commerce Acossiaton, Bima Laga.

"Ketentuan dari COD, pembeli itu memang harus melakukan pembayaran kepada kurir sebelum menerima atau membuka paket, itu yang pertama," jelas Bima dalam program e-Life lewat sambungan Zoom.

Bima juga menjelaskan bahwa pembeli yang menolak melakukan pembayaran, dapat diblokir dari sistem pembayaran COD. "Yang kedua, pembeli yang melakukan penolakan pembayaran atau tidak ada di tempat saat kurir mengirim paket dua kali dalam 60 hari akan diblokir dari sistem pembayaran COD," uangkap Bima.

Syarat dan ketentuan lainnya berisi tentang sistematika biaya penanganan fitur COD.mSelanjutnya, jika barang yang datang tidak sesuai, pengguna yang memakai fitur COD tetap bisa mengembalikan barang yang telah dibeli.

"Jadi dia (pembeli) bisa mengajukan komplain ke marketplace kalo memang barangnya sesuai dengan bukti-bukti yang ada," jelas Bima.

Jadi kalau COD itu bayar dulu ke kurir, kalau ada masalah komplainnya via marketplace atau e-commerce ke penjualnya. Kurir dalam COD adalah pihak ketiga yang fungsinya sama seperti jika kita memilih sistem pembayaran yang lain.

(gah/gah)