COD Jadi Cara Belanja Online yang Paling Nggak Banget

dtv - detikFinance
Selasa, 25 Mei 2021 12:49 WIB
Jakarta -

COD (Cash on Delivery) menjadi sistem pembayaran belanja online yang paling akhir direkomendasikan oleh Ketua Umum Indonesian E-Commerce Association, Bima Laga. Dari semua sistem pembayaran yang ada untuk belanja online, pembayaran via uang elektronik menjadi pilihan pertama dan COD (Cash on Delivery) masuk ke pilihan paling terakhir.

"Tentunya yang pertama adalah kita bisa mulai dari uang elektronik. Yang kedua itu virtual account. Nah, ada mungkin yang transfer bank, orang yang nggak punya mobile banking tapi musti ke ATM. Selain transfer bank, baru sesudah itu mini market. Abis itu salah satunya COD", kata Bima Laga pada program e-Life pada Jum'at (21/05/2021).

COD (Cash on Delivery) masuk ke pilihan terakhir untuk pembayaran belanja online dikarenakan e-commerce merupakan sebuah sistem elektronik, maka pembayarannya disarankan menggunakan sistem elektronik pula. COD yang membuat kehebohan belakangan kali ini kerap jadi masalah karena yang mengantarkan barangnya cuma kurir, bukan seller.

"Saran saya, bayar itu kalo bisa, karena e-commerce itu elektronik, bayarnya itu diselesaikan dengan elektronik," jelas Bima.

Bukan COD, Bima menjabarkan bahwa dompet elektronik dan virtual account menjadi sistem pembayaran yang paling ia gunakan untuk belanja online. "Saya paling prefer itu dompet elektronik dan virtual account, itu yang paling sering saya gunakan untuk belanja online," ungkap Bima.

(gah/gah)