PNS 'Hantu' Masih Gentayangan

Anisa Indraini - detikFinance
Kamis, 27 Mei 2021 07:30 WIB
Hari ini para PNS Pemprov DKI Jakarta mulai beraktivitas normal. Tingkat absensi pada hari pertama masuk kerja hadir 100 persen.
Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengungkap pernah ada 97.000 data aparatur sipil negara (ASN/PNS) misterius. Hal itu terjadi pada 2014, di mana pemerintah memberikan gaji dan iuran pensiun namun orangnya sudah tidak ada.

Plt Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Hukum, dan Kerja sama BKN Paryono mengatakan hal itu terjadi karena saat itu banyak pegawai abdi negara tidak mengikuti Pendataan Ulang PNS (PUPNS). Alasannya beragam mulai dari kesulitan akses, status mutasi, status meninggal, status berhenti dan sejenisnya yang tidak dilaporkan oleh instansi kepada BKN.

"Kami sudah ingatkan ke instansi bahwa ada data sekian ini harusnya mereka menelusuri PNS-PNS yang ada di bawah kendali atau menjadi pegawai di instansi itu untuk ditelusuri," kata Paryono kepada wartawan, Rabu (26/5/2021).

Saat ini jumlah itu sudah berkurang karena semakin banyak PNS yang ikut dalam Pendataan Ulang PNS (PUPNS). Dari 97.000 data misterius itu, diperkirakan saat ini telah turun menjadi di bawah 10.000.

"Setelah beberapa tahun itu saya kira sudah tidak ada, sudah tidak sampai 97.000 sekarang dan saya memang belum dapat datanya," imbuhnya.

"Nanti akan kami sampaikan juga itu mungkin update data terbaru PNS yang masih misterius ini ada berapa. Tapi saya kira di bawah 10.000 atau berapa," tambahnya.

Berdasarkan tindak lanjut yang dilakukan BKN sejak PUPNS 2015 digulirkan, per Mei 2021 disebut tinggal 7.272 PNS yang terdata belum mengikuti PUPNS 2015.

Tonton juga Video: PNS Ciamis Mulai Masuk Kerja, Pegawai 50% WFH

[Gambas:Video 20detik]



(aid/fdl)