Mau Pelihara Anjing atau Kucing, Berapa Biayanya Ya?

Aulia Damayanti - detikFinance
Senin, 31 Mei 2021 10:58 WIB
Anak kucing
Foto: Getty Images/iStockphoto/andresr
Jakarta -

Memelihara hewan di rumah tidak gratis, ada biaya yang juga harus dikeluarkan. American Pet Products Association (ASPCA) memperkirakan mengadopsi kucing atau anjing, perlu mengeluarkan biaya sebesar US$ 1.100 dan US$ 3.200 setara Rp 15 juta dan 45,7 juta selama tahun pertama.

Biaya itu termasuk biaya adopsi, biaya memandulkan atau mensterilkan hewan peliharaan, makanan, vaksinasi, persediaan, tempat tidur, dan kandang.

"Biaya tahun pertama seringkali cukup tinggi karena Anda membeli semua barang yang Anda butuhkan dan seiring waktu semakin sedikit barang yang muncul," kata Wakil Presiden Layanan Penampungan Hewan ASPCA Christa Chadwick, dikutip dari CNBC, Senin (31/5/2021)

Menurut data dari PetPoint, biaya adopsi rata-rata untuk kucing berusia kurang dari setahun US$ 82 tahun lalu, sedangkan biaya rata-rata untuk kucing yang lebih tua dari satu tahun US$ 52. Untuk anjing yang berusia kurang dari satu tahun, biaya adopsi rata-rata US$ 185. Dan untuk anjing yang lebih satu tahun, seharga US$ 109.

Setelah banyak biaya di tahun pertama, perencana keuangan di New Jersey Eve Kaplan memperkirakan biaya yang harus disiapkan US$ 2.000 hingga US$ 4.000 per tahunnya. Selain mempersiapkan biaya untuk keperluan pokok seperti, makanan dan perawatan, harus ada dana darurat untuk hewan peliharaan.

"Yang Anda perlukan hanyalah satu atau dua krisis medis dan tiba-tiba anggaran itu membengkak dan Anda menghabiskan US$ 5.000 atau US$ 10.000 atau lebih untuk tagihan dokter hewan," kata Kaplan.

Kaplan menyarankan pemilik hewan peliharaan dan calon pemilik hewan peliharaan untuk memperhitungkan biaya hewan peliharaan ke dalam dana darurat tunai. Dia juga menyarankan untuk menghemat biaya hewan peliharaan selama enam bulan dalam kas darurat.

Perlu diingat bahwa mengadopsi hewan peliharaan berarti berkomitmen untuk merawatnya selama bertahun-tahun.

"Kucing dan anjing biasanya bersama Anda selama lebih dari 10 tahun atau lebih dan terkadang pada saat adopsi, orang-orang tidak mempertimbangkan investasi jangka panjang tersebut," kata Chadwick.

American Pet Products Association mengungkap, orang Amerika telah menghabiskan US$ 103,6 miliar setara Rp 1.480 triliun tahun 2020, meningkat dari US$ 97,1 miliar pada 2019.

Rinciannya, hampir US$ 104 miliar dan US$ 42 miliar digunakan untuk makanan hewan, US$ 22,1 miliar untuk persediaan obat, US$ 31,4 miliar dihabiskan untuk perawatan dokter hewan dan produk hewan peliharaan. Layanan hewan peliharaan, termasuk asrama, perawatan, asuransi, pelatihan, pengasuhan hewan peliharaan dan berjalan-jalan telah menelan biaya. US$ 8,1 miliar.

Tonton juga Video: Seperti di Jogja, Komunitas di Solo Turut Bagikan Makanan Kucing

[Gambas:Video 20detik]




(fdl/fdl)