Banyak PNS Ngeluh Gaji ke-13 Belum Cair

Danang Sugianto - detikFinance
Kamis, 03 Jun 2021 14:05 WIB
Tahun 2016 ini, PNS akan mendapatkan gaji ke-13 dan 14 yang cair bersamaan.
Foto: Mindra Purnomo
Jakarta -

Gaji ke-13 untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) dikabarkan cair hari ini. Namun ternyata banyak dari PNS yang mengaku belum menerimanya.

Lily Rusna misalnya, PNS dari dari salah satu kantor kementerian di Ibu Kota itu mengaku sudah bolak-balik mengecek rekeningnya setelah mendapat kabar gaji ke-13 cair. Namun ternyata angka di rekeningnya belum berubah hingga saat ini.

"Belum ada di rekening, saya nungguin, semoga besok cair," ucapnya kepada detikcom, Kamis (3/6/2021).

Ibu dua orang anak itu mengaku sangat menantikan gaji ke-13. Meski besarannya tak sesuai yang dia harapkan, namun setidaknya bisa membantu untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. "Ya walaupun cuma gapok tapi lumayan lah buat memenuhi kebutuhan hidup," tuturnya.

Seorang PNS dari Kementerian Kelautan dan Perikanan yang enggan disebutkan namanya juga mengaku hal yang sama.

"Sampai sekarang belum ada. Info dari kantor si bulan ini, tapi katanya tergantung sama orang keuangan ngajuinnya kapan," jelasnya.

Dia juga mengaku sangat menantikan gaji ke-13 itu. Meskipun dia memahami kalau besarannya hanya gaji pokok saja.

"Sejak tahun kemarin sudah nggak ada tunjangannya, karena anggarannya buat COVID-19. Jadi dapatnya gaji pokok doang, sama juga THR Lebaran kemarin cuman gapok doang," ucapnya.

Sebelumnya Dirjen Perbendaharaan Kementerian Keuangan Hadiyanto mengatakan bahwa gaji ke-13 sudah bisa dicairkan hari ini. "Benar, sudah bisa dicairkan," kata Hadiyanto lewat pesan singkat kepada detikcom, Kamis (3/5/2021).

Hadiyanto menambahkan, mekanisme pencairan gaji ke-13 dilakukan dengan cara Satuan Kerja kementerian/lembaga mengajukan pencairan ke Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN). Setiap Satuan Kerja harus melengkapi semua dokumen dan persyaratan kepada KPPN.

Setelah itu, baru gaji ke-13 bisa dicairkan kepada para PNS. Pada prinsipnya, menurut Hadiyanto, semua KPPN sudah siap melaksanakan pembayaran gaji ke-13.

"Kalau Satker sudah mengajukan ke KPPN, setelah semua dokumen dan persyaratan lengkap, sudah bisa dicairkan. KPPN di seluruh Indonesia sudah siap melaksanakan pembayaran gaji ke-13," ungkap Hadiyanto.

Lihat juga Video: Polisi yang Sisihkan Gaji Demi Bangun Rumah Warga Dapat Penghargaan

[Gambas:Video 20detik]



(das/fdl)