Kirain dari Luar Negeri, Ternyata 10 Brand Ini Lokal Punya

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Jumat, 04 Jun 2021 13:50 WIB
Head shot close up young shocked woman looking at mobile phone screen, received bank debt notification. Stunned frustrated lady reading sms with unbelievable news on smartphone, making big eyes.
Foto: Getty Images/iStockphoto/fizkes

Silverqueen

Ternyata Silverqueen bukan cokelat dari luar negeri. Pabriknya berada di Garut, Jawa Barat. Dulunya ada Ming Chee Chuang yang merupakan pria berkebangsaan Burma keturunan China yang tinggal di Garut dan membeli perusahaan coelat NV Ceres dari orang Belanda.

Singkat cerita Silverqueen semakin berkembang dan semakin dikenal luas. Chuang pun semakin bertambah usia dan perkembangan perusahaan yang ia miliki harus dilanjutkan oleh generasi selanjutnya.

Pasarnya pun terus berkembang hingga mendunia. Dilansir dari situs resmi perusahaan, bisnisnya saat ini telah berkembang ke Singapura, dan menjalin hubungan perdagangan dengan beberapa negara seperti Filipina, dan Malaysia. Produknya termasuk SilverQueen juga telah dijual di lebih dari 10 negara lain termasuk Thailand, Brunei, India, Korea Selatan, dan Vietnam.

Buccheri

Buccheri merupakan merek alas kaki asal Indonesia yang sudah ada sejak 1980. Toko pertama berada di "Pasar Baroe".

Dari akun Linkedin, disebutkan saat ini Buccheri sudah memiliki lebih dari 120 cabang yang tersebar di seluruh kota besar di Indonesia.

Buccheri merupakan singkatan dari Budi, Ediansyah dan Hery yang merupakan saudara kandung yang berasal dari Makassar.

Lea Jeans

Merek fashion berbahan jeans ini merupakan asli Indonesia. Dikutip dari berbagai sumber disebutkan jika Lea menyediakan pakaian casual berbahan jeans.

Dikutip dari laman resmi leajeans.com LEA merupakan merek yang mengusung American Style dan pakaian casual. Merek ini dibangun pada 1972 dengan mengedepankan kualitas dan authentic denim.

The Executive

Untuk pria dan wanita karir pasti tak asing dengan merek The Executive. Ternyata merek fashion ini merupakan asli Indonesia lho.

Dikutip dari laman resmi theexecutive.co.id disebutkan pada 1984 perusahaan mengambil alih Executive 99 dan menjadi bagian Delamibrands group. Saat ini ada 60 toko dan lebih dari 100 counter di department store.

HokBen

Restoran cepat saji yang menjual masakan Jepang ini didirikan pada 18 April 1985. Di bawah lisensi PT Bogainti. Pertama hadir di Kebon Kacang, Jakarta.

Dulunya bernama Hoka Hoka Bento, namun PT Bogainti sekarang sudah menguasai merek secara penuh. Karena tak ada lagi merek yang sama di Jepang.

HokBen tahun 2020 memperkenalkan konsep baru yaitu hanya melayani pesanan dibawa pulang. Dengan konsep ini diharapkan bisa melayani pelanggan lebih cepat karena lebih mudah dijangkau armada delivery online.


(kil/fdl)