Alumni Kartu Prakerja Dapat Pinjaman Modal, Bunganya 3%

Angga Laraspati - detikFinance
Jumat, 04 Jun 2021 14:51 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menyerahkan KUR kepada alumni program kartu prakerja di Bandung, Jumat (4/6/2021).
Foto: dok. Kemenko Perekonomian: Menko Perekonomian Kunjungi Usaha Alumni Program Kartu Prakerja
Jakarta -

Pemerintah menargetkan rasio kewirausahaan di tahun 2024 mencapai 3,9% dan pertumbuhan wirausaha baru sebesar 4%. Untuk mencapai target tersebut, pemerintah pun menggenjot Program Kartu Prakerja untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan kunci kesuksesan Program Kartu Prakerja bukan hanya pada penyelenggara atau seberapa besar dana yang digelontorkan oleh pemerintah, tapi juga pada perubahan positif khususnya dari segi skill yang dimiliki oleh para penerima Kartu Prakerja.

"Kebijakan-kebijakan yang diterapkan pemerintah diharapkan dapat maksimal memberikan dampak baik kepada masyarakat. Alumni Program Kartu Prakerja juga berkesempatan mendapatkan manfaat Kredit Usaha Rakyat yang saat ini pemerintah mengupayakan dengan maksimal hingga bunganya hanya 3%. Manfaatkan kesempatan ini. Kembangkan bisnis hingga memiliki dampak maksimal pada roda perekonomian nasional," tutur Airlangga dalam keterangan tertulis, Jumat (4/6/2021).

Sebagai informasi, plafon KUR tanpa agunan resmi dinaikkan dari Rp 50 juta menjadi Rp 100 juta dengan tingkat suku bunga menjadi 3% selama 6 bulan. Program ini diperpanjang dan berlaku hingga Desember 2021.

Dalam dalam talkshow bertajuk 'Antara Tren, Produk dan Konsumen' di Bandung dan dihadiri oleh alumni Kartu Prakerja, Airlangga juga mengucapkan terima kasih kepada para alumni Program Kartu Prakerja yang telah memanfaatkan program pemerintah untuk skilling, upskilling, dan reskilling.

"Saya bangga hari ini dapat bertemu lagi secara langsung dengan para pejuang yang tangguh. Negara ini tentunya membutuhkan masyarakat yang mampu dan terus semangat beradaptasi dengan keadaan," imbuh Airlangga.

"Saya ucapkan terima kasih kepada alumni Kartu Prakerja yang telah menerapkan ilmunya untuk berwirausaha sehingga membantu pemerintah menciptakan lapangan pekerjaan di masa pandemi seperti ini," tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Airlangga secara simbolis memberikan KUR kepada alumni Program Kartu Prakerja dilanjutkan dengan berdialog dan mengunjungi Pojok Karya.

Dalam kunjungan tersebut ia didampingi oleh Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari, Direktur Hubungan Kelembagaan Bank BNI Sis Apik Wijayanto dan Direktur Bisnis Mikro Bank BRI Supari.

"Dalam situasi pandemi ini kita membutuhkan sumber daya manusia yang multi skill, dan itu hanya bisa dicapai dengan pembelajaran terus-menerus. Jadi, terima kasih, Pemerintah senang dan tentunya Program Kartu Prakerja ini diharapkan bisa membantu seluruh masyarakat Indonesia," tuturnya.

"Alumni Kartu Prakerja adalah champion-champion bangsa Indonesia. Sekali lagi kami ucapkan selamat, dan pemerintah akan terus mendorong agar usahanya bisa meningkat," lanjutnya.

Langsung klik halaman berikutnya, masih ada informasi yang menarik.