Seberapa Cuan McD saat Jual BTS Meal?

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Rabu, 09 Jun 2021 20:00 WIB
Sejumlah ojek online (ojol) mendatangi McDonalds Raden Saleh, Jakarta, Rabu (9/6/2021). Ramainya antrean membuat terjadinya kerumunan di lokasi ini.
Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Menu BTS Meal telah dirilis McDonald's hari ini. Menu spesial ini merupakan kolaborasi antara BTS dengan rantai restoran cepat saji internasional tersebut.

Di Indonesia BTS Meal dirilis pada hari ini, 9 Juni 2021 pada pukul 11.00 WIB. Tak hanya di Jakarta, tapi BTS Meal akan rilis serentak di seluruh gerai McDonald's yang ada di Indonesia.

Menu ini digadang-gadang akan mendatangkan pundi-pundi rupiah bagi McDonald's. Hal ini bisa terjadi bila berkaca dari keberhasilan kampanye serupa dengan rapper Travis Scott dan bintang reggaeton J Balvin.

Dilansir dari Forbes, Rabu (9/6/2021), penggunaan para selebriti untuk mempromosikan produk McDonald's telah memberikan dampak instan kepada perusahaan. Praktik ini juga bukan yang sekali dilakukan, setidaknya mereka mempromosikan satu makanan bermerek setiap kuartalnya.

Dengan promo yang melibatkan selebriti, McDonald's mampu membalikkan penurunan pendapatan terkait pandemi sebesar 4%, dan 24% dalam dua kuartal berturut-turut. Ketika menu khusus Travis Scott dan J Balvin penjualan naik setidaknya 1%.

Bahkan dari hasil kerja sama tersebut, Travis Scott dibayar setidaknya US$ 5 juta oleh McDonald's, dan memperoleh US$ 15 juta lagi dari penjualan merchandise unik yang sekalian dikeluarkan saat promo menu khusus.

Seperti halnya keberhasilan yang diraih Scott dan Balvin, BTS Meal diharapkan mampu meningkatkan pendapatan lebih banyak. Apalagi basis penggemar fanatik BTS lebih besar dibandingkan Scott dan Balvin.

Bila dibandingkan lewat followers di Twitter saja, BTS memiliki 34,5 juta pengikut, dibandingkan dengan Scott dan Balvin yang bila digabungkan cuma ada 20,1 juta pengikut.

Melihat keberhasilan yang dilakukan di Amerika Serikat bukan tidak mungkin pendapatan besar menanti McDonald's Indonesia. Apalagi penggemar BTS di Indonesia cukup banyak.

Dalam catatan detikcom, setiap harinya, pihak McDonald's Indonesia menargetkan akan menjual BTS Meal sebanyak 100 paket makanan. Tapi, tak dipungkiri jumlah tersebut bisa bertambah sesuai permintaan pelanggan.

Menu BTS Meal yang akan dipasarkan di Indonesia berisikan 9 buah Chiken McNugget, French Fries Medium, Cola Medium, serta Cajun dan Chili Sauce. Untuk harganya, BTS Meal dibanderol mulai dari Rp 40 ribu - 50 ribu sebelum Ppn.

"Untuk harganya Rp 50 ribu kalau pesan di drive thru. Kalau pesan lewat online harganya memang biasanya kita lebihkan," ujar Caroline Kurniadjaja selaku Associate Director of Marketing McDonald's Indonesia dalam media gathering McDonald's Indonesia (8/6/2021).

Nah, bila dihitung secara kasar, dari 100 paket seharga Rp 50 ribu, satu gerai McDonald's Indonesia dalam sehari bisa mendapatkan Rp 5 juta hanya dengan menjual BTS Meal. Setidaknya, dalam situs resminya, ada lebih dari 200 gerai McDonald's di Indonesia.

Bagi yang ingin memesan, BTS Meal hanya tersedia di layanan Drive Thru McDonald's Indonesia dan pemesanan online via aplikasi McDelivery, GoFood, GrabFood, dan ShopeeFood.

Pemesanannya tidak diperbolehkan langsung di counter bagian dalam McDonald's Indonesia, karena tidak tersedia untuk dine in dan take away.

BTS Meal juga tak hanya tersedia dalam 1 hari saja, tapi akan berlangsung selama sebulan selama persediaan masih ada. Tapi bisa saja kurun waktunya lebih pendek dari yang ditentukan, apabila peminatnya membludak dan persediaan langsung habis.



Simak Video "Antisipasi Antrean Panjang BTS Meal di McD Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(hal/das)