Duka Sri Mulyani, 71 Anak Buahnya Meninggal Karena COVID-19

Anisa Indraini - detikFinance
Kamis, 10 Jun 2021 15:03 WIB
Poster
Foto: Edi Wahyono
Jakarta -

Komisi XI hari ini melakukan rapat kerja (raker) dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Agendanya yakni pembahasan pagu indikatif Kementerian Keuangan dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2022.

Rapat dibuka pada pukul 13.45 WIB. Rapat dibuka dan dipimpin oleh Ketua Komisi XI DPR RI Dito Ganinduto.

"Menurut laporan dari sekretariat telah dihadiri fisik dan virtual 35 orang dari 9 fraksi. Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim rapat saya buka dan dinyatakan terbuka untuk umum," kata Dito saat membuka rapat, Kamis (10/6/2021).

Dalam pemaparan, Sri Mulyani mengungkap bahwa sudah ada 71 pegawai Kemenkeu atau anak buahnya yang meninggal dunia akibat COVID-19. Jumlah ini terus bertambah sejak awal virus tersebut masuk Indonesia.

"Kalau dulu kecelakaan pesawat terbang di mana beberapa teman Kemenkeu menjadi korban kita sudah sangat brokenhearted ya, ini sekarang 71 jajaran kami yang menjadi korban COVID," ungkapnya.

Sri Mulyani menyebut COVID-19 ini membuat terjadinya perubahan dinamika dalam perencanaan RAPBN 2022. Misalnya saja sebelum COVID anggaran belanja birokrasi yang terdiri dari ATK, belanja bahan, percetakan, perjalanan dinas, konsumsi, hingga honorarium mencapai hampir Rp 2 triliun, saat ini terjadi penurunan hanya Rp 720 miliar.

"Belanja kita menjadi sangat turun untuk hal-hal seperti percetakan, konsumsi, perjalan dinas. Belanja kita selama COVID untuk PCR, testing, segala macam meningkat yang sebelumnya tidak ada," imbuhnya.



Simak Video "Pemerintah Targetkan Pertumbuhan Ekonomi 5,2%-5,8% Tahun 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(aid/das)