Ini Toh yang Bikin Bungkus BTS Meal Istimewa Sampai Dijual Mahal

Trio Hamdani - detikFinance
Kamis, 10 Jun 2021 15:42 WIB
Sebanyak tiga gerai McD di Surabaya ditutup imbas fenomena BTS Meal. Tak hanya ditutup, gerai tersebut pun juga diberi sanksi.
Foto: Esti Widiyana
Jakarta -

Kalangan awam, alias bukan fans BTS mungkin heran melihat para ARMY, sebutan penggemar boy band Korea Selatan tersebut rela merogoh kocek untuk membeli BTS Meal. Mungkin ada yang menganggap bungkusnya bila dilihat biasa-biasa saja. Tapi, faktanya bungkus BTS Meal ini banyak dijual di toko online dengan harga yang mahal.

Pakar pemasaran Yuswohady menilai bahwa apa yang dilakukan oleh ARMY dengan membeli BTS Meal bukan soal uang, melainkan kebanggaan ketika mereka memiliki pernak-pernik alias bungkus McD edisi BTS.

"Jadi ini bukan masalah duit. Makanya itu kalau sampai BTS Meal itu dijual Rp 1 juta misalnya itu bakal ramai juga. Jadi ini bukan masalah harga, ini masalah kebanggaan ketika si fans itu bisa mempromosikan atau mem-promote BTS melalui BTS Meal ini," kata dia kepada detikcom, Kamis (10/6/2021).

Apalagi, entah disengaja atau tidak oleh McDonald, BTS Meal ini menjadi terkesan eksklusif karena edisi tersebut hanya dipasarkan pada periode tertentu.

"Maka ARMY itu jadi 'wah aku kok seorang ARMY nggak punya ini?' Itu akan menjadi aib bagi anggota ARMY yang lain. Di dalam komunitas ARMY itu kalau dia nggak punya sementara yang lain punya, dia akan malu. Jadi itu masalah pride dalam komunitas, di dalam fans itu," jelas Yuswohady.

Akademi dan praktisi bisnis Rhenald Kasali menerangkan bahwa kaum muda sekarang memiliki karakter fear of missing out (FOMO), yaitu takut ketinggalan. Dalam kasus BTS Meal, para ARMY takut bila ketinggalan untuk memiliki produk tersebut.

"Nah, jadi ketika sekarang BTS itu muncul dan ada ARMY-nya, anak-anak muda itu juga nggak mau ketinggalan ikut memilikinya. Mereka ingin punya, karena si McDonald juga pintar, dia bikin limited edition, hanya berlaku berapa lama, tidak selama-lamanya," paparnya.

Jadi tidak heran bila pembelian BTS Meal menyebabkan antrean membludak di gerai-gerai McD. Tentunya didukung oleh jumlah penggemar BTS yang sangat banyak.

"Itu yang membuat sekarang antrean karena logonya bisa mereka gunting, bisa mereka taruh di botol minuman, di tumblr, dan mereka ingin bikin video, bikin TikTok supaya kelihatan sama orang lain bahwa dia punya konten yang terkait dengan BTS, dan mereka takut kalau mereka tidak berada dalam bagian itu. Jadi dalam tempo sekejap itu videonya udah muncul di TikTok, banyak banget. Itu yang membuat fenomena ini menjadi kuat," ujar Rhenald.

Simak Video: Keistimewaan BTS Meal yang Bikin Para Army Rela Antre Panjang

[Gambas:Video 20detik]



(toy/eds)