Bocoran Tugas Khusus buat Doni Monardo Kawal Ketat Inalum

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Sabtu, 12 Jun 2021 10:40 WIB
Kepala BNPB Doni Monardo
Foto: Azizah/detikcom: Erick Thohir dan Doni Monardo
Jakarta -

Menteri BUMN Erick Thohir menunjuk Doni Monardo sebagai Komisaris Utama PT Indonesian Asahan Aluminium (Persero) atau Inalum. Ada tugas khusus yang diberikan Erick Thohir kepada Doni Monardo. Apa itu?

Erick mengatakan tugas untuk Doni Monardo adalah membantu Inalum untuk menjaga keseimbangan antara upaya pemberdayaan.

"Kepedulian dan kiprahnya di bidang pemulihan lingkungan hidup menjadikannya figur yang dibutuhkan untuk menjaga keseimbangan antara upaya pemberdayaan dan menjaga keberlanjutan lingkungan yang dilakukan Inalum serta anak-anak perusahaannya," kata dia dalam keterangannya dikutip, Sabtu (12/6/2021).

Selain itu, menurut Erick karena Doni Monardo memiliki pengalaman, kemampuan, jaringan dan prestasi yang tak diragukan lagi.

Apalagi sepak terjangnya dari Aceh hingga Papua, dari pemulihan daerah aliran sungai Citarum, penghijauan di Sulawesi Selatan hingga terakhir dalam memitigasi pandemi COVID-19. Menurut Erick, Doni Monardo mengedepankan dialog dan kolaborasi lintas stakeholder untuk mengatasi masalah, dan mencapai kemajuan.

Erick mengungkapkan keberagaman sosok pemimpin dari berbagai latar belakang keahlian dan pengalaman dibutuhkan oleh perusahaan BUMN untuk bisa bertransformasi menjadi perusahaan profesional berkelas dunia.

Dia menambahkan, semua komisaris, direksi dan jajaran manajemen di BUMN, terlepas apa pun latar belakangnya, akan menjalani sesi orientasi saat baru bergabung, pelatihan lanjutan selama menjabat, dan juga pelatihan tingkat advance bagi para top talents di BUMN Learning and Management Institute (BLMI).

"Tujuannya, agar ada pemahaman dan irama yang sama antara Direksi, Komisaris dan manajemen; serta terbentuknya pemimpin berkelas dunia yang mampu meningkatkan kinerja dan daya kompetisi BUMN yang ia pimpin," ujar dia.

Tonton juga Video: Lepas Jabatan Kepala BNPB, Doni Monardo: BNPB Ibarat Kopassus

[Gambas:Video 20detik]



(kil/hns)