Jeff Bezos Lelang Tiket ke Luar Angkasa! Terjual Rp 397 M

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Senin, 14 Jun 2021 09:43 WIB
Jakarta -

Bos Amazon Jeff Bezos melelang tiket perjalanan ke luar angkasa dan terjual di angka US$ 28 juta atau sekitar Rp 397 miliar. Dikutip dari CNN, Direktur Marketing Blue Origin Ariane Cornell menyebutkan jika sudah ada 7.600 orang dari 159 negara yang mendaftar dan menawar pada lelang tersebut.

Penerbangan ini akan dilakukan di fasilitas Blue Origin di kota Van Horn, Texas Barat pada 20 Juli mendatang.

Blue Origin merupakan perusahaan roket yang didirikan Bezos pada tahun 2000 dan telah memakan waktu lebih dari satu dekade untuk menguji New Shepart, sistem roket dan kapsul setinggi 60 kaki.

Jika ini berhasil maka akan menjadi penerbangan pertama dengan awak dengan Shepard. Setelah sebelumnya ada 15 penerbangan uji coba tanpa awak yang dilakukan perusahaan sejak 2015 lalu.

Tujuan utama perusahaan menjual tiket perjalanan ini ke masyarakat umum karena mereka ingin orang ingin merasakan sensasi perjalanan lebih dari 62 mil di atas bumi. Penumpang bisa melihat pemandangan indah dan merasakan ruang hampa udara.

Hasil lelang penjualan tiket ini akan disumbangkan ke Blue Origin's Club for the Future sebuah yayasan yang bertujuan untuk mempromosikan pendidikan sains, teknologi, teknik dan matematika di kalangan anak muda.

Harga yang dibanderol Blue Origin ini lebih tinggi dan lebih banyak dibanding yang dijual oleh Virgin Galactic. Virgin Galactic menjual 600 tiket dengan harga US$ 200 dan US$ 250.000.

Kemudian perjalanan yang ditawarkan SpaceX milik Elon Musk ini memungkinkan orang untuk berhari-hari mengorbit di bumi bahkan tinggal di Stasiun Luar Angkasa Internasional.

Rincian keuangan dari rencana perjalanan tersebut belum diungkap ke publik. Namun salah satu laporan pemerintah menyebu SpaceX akan menelan biaya sebanyak US$ 55 juta ini tidak termasuk biaya untuk penggunaan stasiun luar angkasa.

(kil/fdl)