Dorong Anak Muda Pimpin BUMN, Erick: Bukan Beban, Apalagi Ancaman

Aulia Damayanti - detikFinance
Senin, 14 Jun 2021 13:52 WIB
Poster
Foto: Edi Wahyono
Jakarta -

Menteri BUMN Erick Thohir ingin mendorong anak-anak muda BUMN untuk menjadi bagian dari jajaran kepemimpinan. Menurutnya generasi muda bisa menjadi energi baru dalam menggerak kemajuan BUMN.

"Generasi muda bukan beban, apalagi ancaman, tetapi justru jadi inspirasi, energi dan penggerak kemajuan dan transformasi BUMN, terutama di era digital dan dengan tuntutan dunia usaha yang semakin kompetitif," tuturnya dalam siaran pers, Senin (14/6/2021).

Komitmen itu tercermin dengan dibentuknya komunitas generasi muda di lingkungan BUMN yang disebut BUMN Muda. Komunitas itu dibentuk sejalan dengan agenda dan target transformasi human capital yang ditetapkan Erick Thohir untuk meningkatkan persentase generasi muda di bawah 42 tahun di jajaran BoD dan BoD-1 BUMN sebanyak minimal 5% pada tahun ini, dan 10% di tahun 2023

Lebih lanjut Erick menyampaikan ada beberapa hal yang bisa mendorong kepemimpinan anak muda di jajaran pimpinan, termasuk memberikan kesempatan untuk berkontribusi sebagai pemikir dan pimpinan.

"Keseriusan saya untuk mendorong kepemimpinan muda di jajaran pimpinan harap ditindaklanjuti dari 3 sisi: pertama: policy, lingkungan dan budaya kerja yang mendukung; kedua, pengembangan kapasitas lewat pelatihan dan mentoring, serta ketiga, ini yang penting: kesempatan - kesempatan - kesempatan. Berikan generasi muda kesempatan untuk berkontribusi tidak hanya sebagai eksekutor, tetapi pemikir, dan pemimpin," jelasnya.

Komunitas BUMN Muda diresmikan hari ini di M Bloc Space Area, Jakarta Selatan. Selain Erick Thohir acara peresmian itu juga dihadiri oleh Ketua BUMN Muda Soleh Ayubi.

Soleh Ayubi berharap BUMN Muda di bawah naungan Forum Human Capital Indonesia (FHCI) yang menjadi mitra strategis Kementerian BUMN dalam transformasi dan pengembangan human capital di BUMN, bisa menjadi wadah anak muda BUMN untuk menyatukan gagasan, mengembangkan potensi, serta meningkatkan kompetensi agar berkontribusi aktif sebagai agen perubahan dan pemimpin generasi baru di BUMN di masa kini, dan mendatang.

"Komitmen Menteri BUMN Erick Thohir ini merupakan game changer di BUMN. Bersama FHCI, BUMN Muda siap mengawalnya, dan menjadi support system serta mitra strategis agar insan muda BUMN bisa berkiprah sebagai agen perubahan, dan pemimpin generasi baru yang berlandaskan core values AKHLAK," kata Ketua BUMN Muda Soleh Ayubi.

Dia juga menjelaskan kegiatan komunitas BUMN Muda ini akan terfokus dalam kegiatan membangun kepemimpinan, interpersonal, mentoring, dan pengembangan keterampilan.

"Dengan puncak bonus demografi pada tahun 2030 dan lebih dari 72% SDM BUMN dari generasi muda. Upaya membangun talenta muda BUMN sebagai generasi emas, dan kolaborasi lintas generasi di lingkungan BUMN menjadi kunci BUMN bisa bersaing di tingkat nasional dan global," pungkas Ayubi.



Simak Video "Erick Thohir: Tak Mungkin BUMN Berpihak Pada Tenaga Kerja Asing!"
[Gambas:Video 20detik]
(das/das)