Erick Rombak Pejabat PT PAL, 2 Kader Gerindra Jadi Direktur & Komisaris

Siti Fatimah - detikFinance
Selasa, 15 Jun 2021 15:26 WIB
Menteri Basuki Lepas Bentang Tengah Jembatan Holtekamp
PT PAL Indonesia
Jakarta -

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) merombak susunan dan perubahan nomenklatur jabatan Direksi PT PAL Indonesia (Persero). Keputusan tersebut tertuang dalam SK Menteri BUMN Nomor: SK- 196/MBU/06/2021 tanggal 15 Juni 2021 tentang Pemberhentian, Perubahan Nomenklatur Jabatan, dan Pengangkatan Anggota-Anggota Direksi Perusahaan Perseroan (Persero) PT PAL Indonesia (Persero).

Di dalamnya, Kementrian BUMN memutuskan Direktur Pemeliharaan dan Perbaikan Kuntjoro Pinardi dan Direktur Keuangan Irianto untuk diberhentikan dengan hormat. Di saat bersamaan, pihaknya mengukuhkan pemberhentian dengan hormat untuk Almarhum Etty Soewardani.

"Sekali lagi kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Kuntjoro Pinardi dan Bapak Irianto yang telah mendedikasikan waktu, tenaga, dan pikirannya untuk PT PAL Indonesia (Persero). Kami juga meminta maaf kepada Bapak Kuntjoro Pinardi dan Bapak Irianto apabila ada sesuatu yang kurang berkenan selama kami berinteraksi, dan semoga bapak senantiasa diberikan perlindungan, selalu semangat, dan sukses dalam menjalankan karir ke depannya," ujar Asisten Deputi Bidang Industri Manufaktur, Liliek Mayasari dalam keterangan tertulis yang diterima detikFinance, Selasa (15/6/2021).

Lebih lanjut, Kementrian BUMN juga mengangkat Cut Meutia Adrian sebagai Komisaris Independen Perusahaan Perseroan (Persero), Oggy Achmad Kosasih sebagai Direktur Keuangan Manajemen Resiko, Wing Antariksa sebagai Direktur SDM dan Umum dan Wilgo Zainar sebagai Direktur Pemasaran.

Selain itu, Kementrian BUMN juga memutuskan untuk mengubah nomenklatur jabatan Direktur Keuangan menjadi Direktur Keuangan dan Manajemen Resiko yang saat ini dijabat Oggy Achmad Antariksa. Kemudian, Direktur Pemeliharaan dan Perbaikan dirubah menjadi Direktur Pemasaran yang kini dijabat oleh Bapak Wilgo Zainar.

Direktur Utama Kaharuddin Djenod mengucapkan rasa terimakasih pada Dewan Direksi sebelumnya. "Atas nama keluarga besar PT PAL Indonesia (Persero) kami mengucapkan terima kasih kepada Dewan Direksi yang telah menjabat atas segala transformasi yang diberikan kepada PT PAL Indonesia sehingga dapat membawa trend perusahaan positif selama tiga tahun belakangan,"pungkasnya.

Berikut Susunan Direksi PT PAL Indonesia (Persero) terbaru:

Dewan Direksi

Direktur Utama: Kaharuddin Djenod Daeng Manyambeang
Direktur Keuangan dan Manajemen Resiko: Oggy Achmad Kosasih Resiko
Direktur SDM dan Umum: Wing Antariksa
Direktur Pemasaran: Wilgo Zainar
Direktur Produksi: Iqbal Fikri

Dewan Komisaris
Plt. Komisaris Utama: Didik Prasetyo
Komisaris Independen: Didik Herdiana
Komisaris Independen: Harsusanto
Komisaris Independen: Cut Meutia Adrina

Ada yang menarik dari deretan pejabat yang ditunjuk Erick Thohir dalam susunan direksi PT PAL Indonesia. Dia adalah Willgo Zainar yang merupakan Anggota DPR-RI dari Fraksi Partai Gerindra periode 2014-2019. Menurut catatan detikcom, ia juga pernah menjabat sebagai Ketua DPP Partai gerindra NTB periode 2012-2015.

Pada tahun 2017, ia merupakan satu dari 13 Anggota DPR Fraksi Partai Gerindra yang meneken usulan pemebntukan pansus penonaktifan Basuki Thaja Purnama dari Jabatan Gubernur DKI Jakarta.

Ada lagi kader Gerindra lain yang masuk jajawab penabat di PT PAL Indonesia. Dia adalah Cut Meutia Adrina kader gerindra yang pernah menjadi Presidium Gerakan Nasional Prabowo Presiden.

Wanita yang pernah menjadi anggota tim Badan Pemenangan Nasional Prabowo Subianto-Sandiaga Uno ini juga pernah tercatat sebagai satu calon anggota legislatif dari daerah pemilihan Aceh I lewat Partai Gerakan Indonesia Raya.

Kini, ia menjadi komisaris independen di PT PAL Indonesia.

Lihat juga video 'Momen Erick Thohir Ungkap Utang PLN Rp 500 Triliun!':

[Gambas:Video 20detik]



(dna/dna)