Tips Diterima Kerja di Perusahaan Impian dan Jadi Karyawan Idaman

Soraya Novika - detikFinance
Kamis, 17 Jun 2021 07:40 WIB
Jakarta -

Mendapat pekerjaan bukan perkara mudah. Apalagi di tengah situasi pandemi COVID-19 seperti sekarang ini, sempitnya lowongan kerja ditambah tingginya persaingan, menjadi batu sandungan tambahan bagi para pencari kerja atau yang biasa disebut job seeker.

Namun, bukan berarti nihil kesempatan. Menurut CEO Calibreworks dan Mindset Merdeka Sunil Tolani, perusahaan biasanya punya standar karakteristik calon karyawan yang diincarnya.

"Ada 5 karakteristik, itu penting banget," ujar Sunil dalam acara d'Mentor detikcom, Rabu (16/6/2021).

Kelima karakteristik yang dicari adalah karyawan yang cepat beradaptasi, memiliki antusiame yang tinggi pada pekerjaannya, memiliki positif attitude, berorientasi pada hasil, dan berkomitmen tinggi.

Kemampuan beradaptasi dibutuhkan karena saat ini segala dapat berubah dengan cepat. Tanpa kemampuan beradaptasi yang baik, karyawan tersebut akan ketinggalan, akhirnya membawa dampak yang kurang baik bagi perusahaan.

"Karena kondisi dalam pekerjaan sekarang keseharian kita, things are moving very fast, kalau kita nggak bisa adapt we are out of the game," katanya.

Antusiame yang tinggi atau passion juga penting. Rekruter biasa akan menilai antusiasme para calon karyawannya saat wawancara. Biasanya dinilai dari rasa keingintahuan sang pelamar kerja terhadap pekerjaan yang dilamarnya, dan lain sebagainya.

"Kalau orang itu punya antusias, itu karakter yang bagus," ucapnya.

Sikap atau pembawaan diri atau attitude yang positif juga penting dalam dunia kerja. Latihlah diri dari sekarang untuk bisa bersikap seprofesional mungkin dalam kondisi apapun. Pelajari cara berbicara, gestur tubuh, dan menatap lawan bicara jadi bekal yang wajib dibawa saat melamar kerja.

"Kan ada tuh sekarang yang petantang petenteng cuek bebek, kalau recruiter sudah menjaga sikap, menghormati tapi masih petantang petenteng, ya dia tidak punya attitude yang baik. Berarti dia cuek, orang yang cuek itu kadang-kadang sulit juga," paparnya.