Jakarta Tidak Baik-baik Saja, Pemerintah Pertimbangkan Lockdown Seluruh Instansi

Tim detikcom - detikFinance
Kamis, 17 Jun 2021 17:22 WIB
Hari ini, Kamis (21/6/2018) seluruh PNS di Indonesia kembali masuk kerja setelah libur lebaran. PNS di Balaikota DKI Jakarta terlihat kembali beraktivitas.
Jakarta Tidak Baik-baik Saja, Pemerintah Pertimbangkan Lockdown Seluruh Instansi
Jakarta -

Pemerintah sedang mempertimbangkan seluruh Kementerian/Lembaga yang berpusat di Jakarta untuk lockdown. Hal itu menyusul adanya lonjakan kasus COVID-19.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Tjahjo Kumolo mengatakan rencana itu berasal dari usulan sejumlah Kementerian/Lembaga setelah ada temuan kasus positif COVID-19 di masing-masing kantornya.

"Ada usulan (lockdown) beberapa kementerian, lembaga, instansi karena staf positif di kantor meningkat. Walau yang positif bawaan dari luar (mungkin keluarga/lingkungan di mana bergaul)," ujar Tjahjo dikutip dari CNNIndonesia.com, Kamis (17/6/2021).

Meski begitu, kata Tjahjo, untuk saat ini pihaknya menyerahkan keputusan itu kepada pimpinan di masing-masing instansi.

"Tapi Kemenpan-RB untuk kerja di kantor dan di rumah menyerahkan semuanya kepada pimpinan K/L melihat situasi dan kondisi yang ada di K/L/Instansi dan Pemda masing-masing. Pan-RB menunggu saja apa yg jadi keputusan serta bagaimana ke depan tetapi yg penting ASN harus tetap produktif harus tetap sehat," jelasnya.

Sebelumnya keputusan Kementerian/Lembaga untuk lockdown telah diterapkan Menteri Sosial Tri Rismaharini usai 11 pegawai di kantornya terpapar COVID-19. Ada empat ruangan kerja yang disterilisasi dengan disinfektan dan pegawai di dalamnya diminta untuk kerja dari rumah.

"Hari ini langsung, begitu positif, lockdown, disemprot dulu. Nanti baru boleh masuk lagi (setelah disemprot)," ujar Risma di Kemensos, Jakarta Pusat, Selasa (15/6/2021).

Kondisi Jakarta memang sedang tidak baik-baik saja. Tingkat keterisian rumah sakit yang melonjak menjadi salah satu indikatornya. Pernyataan mengenai kondisi Jakarta sebenarnya itu diungkapkan oleh Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran. Kasus Corona saat ini terus meningkat.

"Sampaikan kepada masyarakat, Jakarta sedang tidak baik-baik saja," kata Irjen Fadil Imran kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (17/6/2021).

(aid/fdl)