Ma'ruf Amin: Tahun 2023 Seluruh Wilayah RI Terjangkau Internet

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Jumat, 18 Jun 2021 14:42 WIB
Wakil Presiden Maruf Amin hadir acara bedah buku Darul Misaq
Foto: Wapres Ma'ruf Amin (dok. Setwapres)
Jakarta -

Wakil Presiden Ma'ruf Amin menegaskan di tahun 2023 seluruh wilayah Indonesia akan terjangkau internet. Saat ini Kementerian Komunikasi dan Informatika sedang menyiapkan infrastruktur telekomunikasinya.

"Diharapkan pada tahun 2023 seluruh wilayah Indonesia sudah terjangkau internet," ungkap Ma'ruf Amin dalam peluncuran gerakan nasional BBI di Nusa Tenggara Timur, Jumat (18/6/2021).

Untuk mencapai hal itu, Ma'ruf Amin menilai penyediaan infrastruktur telekomunikasi dan informasi jadi hal mendasar dan mutlak dipenuhi. Pemerintah hanya memiliki tiga tahun lagi untuk merealisasikan target tersebut.

Pembangunan infrastruktur telekomunikasi ini menjadi tugas Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI), di bawah koordinasi Kemkominfo.

BAKTI akan membangun jaringan backbone fiber optic Palapa Ring yang menjadi proyek strategis nasional (PSN). Mereka juga akan melakukan pengembangan satelit multifungsi pemerintah.

Menurut Ma'ruf Amin, dengan adanya koneksi internet dapat memudahkan pelaku ekonomi daerah, khususnya UMKM, memasuki ekosistem ekonomi digital.

"Keterbukaan ini diharapkan memberi nilai tambah bagi karya dan kreasi lokal karena lahan bisnisnya tembus ke pasar nasional dan global," papar Ma'ruf Amin.

(hal/ara)