Ada 3 Tahap, Proyek Bukit Algoritma 'Silicon Valley' RI Mulai Digarap

Syahdan Alamsyah - detikFinance
Rabu, 09 Jun 2021 19:30 WIB
Sukabumi -

Proyek Bukit Algoritma memasuki tahap Groundbreaking, Rencananya, proyek yang digadang-gadang sebagai Silicon Valley Indonesia itu digarap dalam 3 tahap.

Tahap pertama masa pembangunan tahun 2021-2024, tahap dua tahun 2024-2027, dan tahap tiga pada 2027-2031. Ketua Pelaksana Kiniku Bintang Raya KSO Budiman Sudjatmiko mengatakan di sesi pertama nilai investasi pembangunan mencapai Rp 18 triliun.

"Komitmen pertama itu Rp 18 tirilun, tapi sudah ada komitmen yang lain kemungkinan juga lebih yang jelas ada Rp 1,7 triliun khusus untuk riset sensor nelayan, sensor perikanan. Membangun teknologi perkapalan untuk 1, 5 juta nelayan di Indonesia tapi kita buat alat sensor ikan di sini Rp 1,7 triliun Itu diluar Rp 18 triliun tadi," kata Budiman di Kecamatan Cikidang, Kabupaten Sukabumi, Rabu (9/6/2021).

Kegiatan di sesi pertama nanti dijelaskan Budiman akan lebih dulu membangun ekosistem Bukit Algoritma di lahan selama 888 hektar. Mulai dari infrastruktur jalan, pengairan dan listrik termasuk merenovasi sejumlah bangunan yang berada di area lahan pembangunan.

"Hari ini merupakan groundbreaking, bagaimana saya dan mas Dhani Handoko dari KSO Kiniku Bintang Raya, memberikan amanat kepada PT BUMN Amarta Karya dimana beliau CEO BUMN yang akan mengerjakan selama 3 tahun pembangunan di lahan seluas 888 hektar ekosistem bukit algoritma," ujar Budiman.

"Di mana akan diprioritaskan membuat infrastruktur jalan dan pengairan listrik dan juga merenovasi 6 gedung yang ada salah satunya hotel dan 6 gedung diantaranya yang tadinya gedung pendidikan Shaolin menjadi gedung Neuro Science, pusat kajian dan struktur otak manusia," sambung dia.

Selain infrastruktur bangunan, Budiman mengatakan ada sebanyak 120 rumah kebun yang akan direnovasi.

"Ada 120 rumah kebun sebagian besar akan direnovasi yang sudah rusak dan kemudian pembangunan riset dan teknologi dan juga bisnis. Jadi bukan riset saja tapi juga bisnis teknologi dalam neuro science, nano, teknologi quantum kecerdasan buatan telnologi penyimpanan energi dan teknlogi semi konduktor," paparnya.

Langsung klik halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2