DPR Minta Rumput Hijau Jadi Perhatian Program 1.000 Desa Sapi Kementan

Khoirul Anam - detikFinance
Senin, 21 Jun 2021 16:53 WIB
Sapi di NTT
Foto: Yulida Medistiara/detikFinance
Jakarta -

Anggota Komisi IV DPR RI Abdullah Tuasikal mengapresiasi capaian kinerja Kementerian Pertanian (Kementan) yang berhasil menumbuhkan sektor pertanian hingga 2,59% pada triwulan 1 2021. Ia memuji adanya peningkatan nilai ekspor produk pertanian, serta daya serap program Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang selama ini jadi modal terhadap bangkitnya pertanian Indonesia.

"Capaian ini saya harapkan tetap terjaga dan perlu ditingkatkan lagi kedepannya. Namun di sisi lain saya kira perlu juga didukung dengan program dan anggaran yang memadai," ujar Tuasikal dalam keterangan tertulis, Senin (21/6/2021).

Tuasikal mengatakan program di Kementan selama ini sudah berjalan dengan baik, terutama yang berkaitan dengan alat mesin pertanian dan bantuan berbagai benih unggul berkualitas. Selain itu, bantuan 1.000 desa sapi dinilai tepat karena menumbuhkan ekonomi suatu desa.

"Menurut saya, bantuan-bantuan yang bersentuhan langsung dengan rakyat harus kita dukung. Terutama 1.000 desa sapi. Namun, saya mohon agar diperhatikan juga pakannya. Makanya kami mengusulkan agar rumput hijau menjadi perhatian khusus dalam program 1.000 desa sapi. Saya kira kalau ini menjadi perhatian, insyaallah program di kementerian pertanian akan berhasil," katanya.

Lebih lanjut, dia mendorong agar realokasi anggaran yang ada betul-betul digunakan terhadap peningkatan ketersediaan pangan nasional.

"Kami mendorong peningkatan kinerja dengan merealisasikan semua program agar anggarannya terserap dengan baik. Utamanya yang berkaitan dengan peningkatan ketersediaan pangan," tutupnya

(akd/hns)