Wah! Beli Hewan Qurban Online Ternyata Bisa Pakai Pay Later

Aulia Damayanti - detikFinance
Kamis, 24 Jun 2021 11:20 WIB
Pedagang sapi kurban di Lhokseumawe menjual dagangannya via online
Beli Hewan Qurban Online Bayar Bisa Pakai Pay Later
Jakarta -

Beli hewan qurban online ternyata bisa menggunakan metode pay later. Biasanya masyarakat akan memburu hewan qurban secara langsung ke lokasi, pembayaran pun biasanya tunai.

Saat pandemi ini pembelian hewan qurban menjadi lebih praktis. Hewan qurban yang sudah tersedia di toko online hingga media sosial bisa dibayar dengan berbagai jenis metode pembayaran dari transfer bank, kredit bank, cicilan pinjol, hingga pay later.

Berdasarkan penelusuran detikcom, Kamis (24/6/2021), Shopee dan Tokopedia menyediakan sistem pembayaran pay later untuk pembelian hewan qurban. Lantas bagaimana cara membeli hewan qurban dengan pay later hingga pinjaman online (pinjol)?

Jika beli qurban online dengan pay later, konsumen harus mengaktifkan terlebih dahulu pay later yang disediakan toko online tersebut. Biasanya cara mengaktifkannya dengan membuktikan foto KTP, mengisi data diri, dan foto diri.

Setelah aktif, cari hewan kurban yang dibutuhkan dari sapi, domba, hingga kambing. Jika sudah menemukan hewan qurbannya, kemudian pilih beli sekarang. Nanti akan masuk ke halaman checkout, pilih metode pengiriman terlebih dahulu. Kemudian pilih metode pembayaran.

Jika ingin menggunakan pay later, klik pay later. Apabila nominal limit pay later cukup untuk membeli hewan qurban biasanya bisa memilih opsi 'Beli Sekarang'. Namun, jika limit tidak cukup akan diberikan opsi cicilan 3 kali, 6 kali, hingga 12 kali.

Setelah memilih pay later, klik konfirmasi. Lalu akan kembali ke halaman checkout dan bisa langsung klik buat pesanan.

Toko online juga biasanya bekerjasama dengan perusahaan pinjol, di mana pinjol tersebut biasanya juga menyediakan cicilan. Jika tersedia, beli hewan qurban online bisa menggunakan cicilan atau membayar dengan pinjol. Namun, harus dipastikan telah mendaftar sebagai pengguna pinjol tersebut.

Selain, membayar dengan pay later dan pinjol, beli hewan qurban online juga bisa menggunakan jenis pembayaran cicilan kartu kredit bank yang bekerja sama dengan toko online tersebut.

Tonton juga Video: Tahapan Penyembelihan & Penyaluran Hewan Kurban di Masa Pandemi Corona

[Gambas:Video 20detik]



(fdl/fdl)