Masih Berani Kritik Ekonomi RI? Luhut: Datangi Saja Saya!

Tim detikcom - detikFinance
Kamis, 01 Jul 2021 15:53 WIB
Poster
Foto: Edi Wahyono
Jakarta -

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan ekonomi terus mengalami pemulihan hingga pertengahan 2021 ini. Dalam data yang dipaparkan Luhut, ekonomi Indonesia mengalami gejolak saat pandemi melanda di awal 2020.

Pada kuartal I-2020, ekonomi Indonesia tumbuh melambat di level 2,97%. Ekonomi Indonesia kemudian anjlok hingga minus 5,32% di kuartal II-2020 saat Corona melanda.

Ekonomi Indonesia terus menunjukkan pemulihan meski masih keadaan minus. Terakhir, pada kuartal I-2021, ekonomi Indonesia tercatat di level minus 0,74%. Luhut lantas menantang pengamat yang masih mengkritik kondisi ekonomi dalam negeri untuk bisa mendatanginya.

"Pemulihan ekonomi terjadi lagi di 2021 ini, kalau pengamat bilang begini-begini, datangi saja saya," tegas Luhut dalam konferensi pers virtual, Kamis (1/7/2021).

Luhut menegaskan, pemerintah telah mengeluarkan sejumlah kebijakan agar ekonomi bisa terus pulih selama masa pandemi COVID-19. Dalam masa PPKM darurat nanti, kata Luhut, pemerintah juga akan terus menyalurkan bantuan sosial (bansos) untuk bisa menjaga ekonomi.

"Ini data pemulihan ekonomi berhasil, langkah kebijakan selama pandemi ini kita berhasil presiden berhasil menavigasi di keadaan yang sulit," katanya.

"Pemerintah koordinasi untuk menambah bansos selama PPKM darurat, terutama melindungi masyarakat menengah ke bawah. melalui langkah itu dampak PPKM darurat akan dimitigasi dan recovery ekonomi akan lebih cepat dari sebelumnya," sambung Luhut.

Lihat Video: Jokowi Bicara Kunci Pemulihan Ekonomi: Covid Hilang Dari Bumi Pertiwi

[Gambas:Video 20detik]



(fdl/fdl)