Tenang! Ada Bansos Rp 300 Ribu/Bulan Selama PPKM Darurat

Anisa Indraini - detikFinance
Jumat, 02 Jul 2021 10:54 WIB
Ilustrasi THR
Foto: Muhammad Ridho

Teknis penyaluran BST seperti biasa melalui kantor pos, sedangkan untuk BPNT dan PKH akan disalurkan melalui jaringan Himpunan Bank-bank Negara (Himbara).

"Jadi, mudah-mudahan paling telat bisa direalisasikan pekan kedua bulan ini dan kita usahakan agar semua bisa tersalurkan kepada warga," terangnya.

Risma menyebut penyaluran bantuan sosial tunai ini tidak akan mengganggu anggaran dari Kementerian Sosial. Justru ada tambahan anggaran dari pemerintah untuk dua bulan yaitu pada bulan Mei dan Juni sebanyak Rp 2,3 triliun.

"Sebetulnya ada total tambahan sebesar Rp 6 triliun untuk penyaluran selama dua bulan, tapi kita masih punya uang spare sebanyak Rp 3 triliun sekian," ungkapnya.

Upaya percepatan bantuan ini juga diimbangi dengan adanya pengawasan penggunaan dana bansos yang dilakukan dari struk belanja penerima manfaat, jika dibelanjakan selain untuk kebutuhan pokok.

"Evaluasi penggunaan uang bansos bisa dilihat dari struk belanja penerima bansos, digunakan untuk barang kebutuhan pokok atau barang yang lain," pungkasnya.


(aid/ara)