Ini Daftar 10 Kota Terbaik Buat WFH, Ada dari Indonesia?

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Selasa, 06 Jul 2021 10:19 WIB
Ini yang Bikin WFH Lebih Melelahkan dari WFO
Foto: Ini yang Bikin WFH Lebih Melelahkan dari WFO (Tim Infografis Fuad Hasim)
Jakarta -

Kota Melbourne Australia disebut sebagai kota terbaik secara global untuk kerja jarak jauh alias work from home (WFH). Hal itu berdasarkan peringkat dari platform Nestpick.

Dikutip dari CNBC, Selasa (6/7/2021), Melbourne mendapat nilai tinggi untuk faktor kelayakan huni seperti keselamatan, perawatan kesehatan, budaya dan kegiatan rekreasi, serta infrastruktur untuk kerja jarak jauh.

Melbourne juga satu dari sepuluh kota di peringkat Nestpick yang menawarkan visa 'pengembara digital' yakni visa khusus atau dokumen yang memungkinkan pekerja atau pekerja asing untuk masuk dan bekerja di negara itu.

Studi Nestpick mencakup 75 kota global yang dipilih platform berdasarkan lokasi yang sering disebut sebagai tujuan paling layak dihuni.

Kota-kota tersebut kemudian dinilai berdasarkan tiga kategori besar yakni biaya dan infrastruktur, undang-undang dan kebebasan dan layak huni. Dari segi biaya dan infrastruktur, analisis ini mencakup harga dan ketersediaan ruang kantor rumah yang memadai.

Selain itu, Nestpick juga mencatat persentase penduduk setiap kota yang divaksinasi COVID-19 sebagai indikasi respon pemerintah terhadap krisis kesehatan yang sedang berlangsung.

Selain Melboune, ada 9 kota terbaik lainnya untuk WFH. Berikut daftarnya:

1. Melboure, Australia
2. Dubai UAE
3. Sydney, Australia
4. Tallinn, Estonia
5. Londong, Inggris
6. Tokyo, Jepang
7. Singapura
8. Glasgow, Inggris
9. Montreal, Kanada
10. Berlin, Jerman.

Sayangnya, dari 10 kota tersebut, tak ada dari kota dari Indonesia.

Simak juga 'Luhut: Pegawai yang WFH Tak Bisa Dipecat Sepihak!':

[Gambas:Video 20detik]



(acd/zlf)