Ini Progres Terkini Proyek Super Prioritas di Jawa Tengah

Siti Fatimah - detikFinance
Selasa, 13 Jul 2021 14:13 WIB
Foto udara proyek pembangunan Jalan Tol Semarang - Demak seksi II di Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak, Jawa Tengah, Selasa (13/4/2021). PT PP - Wika Join Operation selaku kontraktor pelaksana proyek senilai Rp15,3 triliun tersebut menargetkan penyelesaian jalan tol sepanjang 27 kilometer yang akan terintegrasi dengan tanggul laut itu pada Mei 2022 mendatang, hingga hari ini (13/4/2021)  progres pembangunannya telah mencapai sekitar 40 persen. ANTARA FOTO/Aji Styawan/hp.
Tol Semarang-Demak/Foto: ANTARA FOTO/AJI STYAWAN
Jakarta -

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memaparkan progres terbaru proyek super prioritas di Jawa Tengah. Dia mengatakan, ada beberapa tempat yang masuk dalam proyek super prioritas, salah satunya Brebes.

"Ini progress perencanaan dan dokumen sudah selesai 80%. Di Brebes yang sekarang sudah mulai berjalan dan mudah-mudahan ini bisa mendongkrak nantinya," kata Ganjar dalam Investor Daily Summit, Selasa (13/7/2021).

Secara rinci, progress perencanaan dan dokumen yang dimaksud yaitu kajian FS & business plan seluas 3.976 Ha, kajian master plan konseptual seluas 3.976 Ha, kajian amdal seluas 3.976 Ha, dan survey geologi dan topografi baru seluas 1000 Ha.

Kemudian untuk kawasan industri Kendal pun sudah mulai berjalan yang memiliki luas sekitar 1000 Ha. Ganjar mengatakan, kawasan Kendal sudah mulai diisi dengan beberapa zonasi yaitu industri tekstil dan fashion, makanan dan herbal, furnitur, logistik, pengolahan ekspor dan lain-lain.

Sementara itu, untuk KSPN Borobudur (SP-1 dan SP-2) pun mulai memberikan hasil. Dalam bahan penyampaiannya, Borobudur telah berkembang dari sisi peningkatan kualitas jalan di radius 7 km, penyediaan air bersih, anjungan cerdas simpang, stasiun intermoda Palbaplang, hingga penataan akses poros Mendut-Pawon-Borobudur di Kabupaten Magelang.

"Borobudur mulai berjalan tapi untuk event ini belum bisa ya agak beberapa tertunda. Kemarin kita bicara dengan para EO, artis agar bisa menyelenggarakan sesuatu dan akhirnya wisata secara daring," ujarnya.

Pembangunan jalan tol Semarang-Demak yang memiliki panjang trase 27 km pun tengah dijalankan. Proyek ini sesuai dengan Perpres nomor 5 tahun 2018. Pada seksi I dengan panjang 10,69 km dan seksi II sepanjang 16,31 km.

"(Tol ini) yang kita siapkan sekaligus ini bagian dari cara usulan saya mengelola ROB. Jadi jalan tol sekaligus jadi tanggul laut, meskipun tidak gede banget tapi lumayan beberapa area kita selesaikan," imbuhnya.

Dia mengatakan, tol Semarang-Demak akan menjadi cikal bakal yang akan menyambungkan jalan menuju tol di Utara Jawa sampai Rembang sampai Jawa Timur. "Ini ternyata kita membuat dua, satu di Demak dan kedua di Kendal sedang proses," katanya.

Terakhir, adalah proyek Jateng Park yang bekerja sama dengan Perhutani. Pada 2021 ini, pihaknya berencana menyelesaikan perizinan, DED, dan pembangunan fisik seperti area track sepeda dan kawasan perkemahan. Pelaksanaan pembangunan Jateng Park dilakukan oleh swasta.

Lihat juga video saat 'Jokowi Tinjau Tol Semarang-Demak: Ini Multifungsi!':

[Gambas:Video 20detik]



(eds/eds)