Sandiaga Ungkap Bisnis yang Lagi Moncer di Tengah Corona, Apa Itu?

Trio Hamdani - detikFinance
Selasa, 13 Jul 2021 20:05 WIB
Ini Kiat-kiat Sukses Bisnis Kuliner dari Sandiaga Uno
Foto: detikcom

Sandiaga menjelaskan lebih lanjut, Indonesia kini dihadapkan dengan situasi Vuca atau volatility, uncertanty, complexity and abiguity. Terkait hal tersebut, dia berharap semua pihak bisa meningkatkan tiga hal, yaitu inovasi, adaptasi, dan kolaborasi.

Menurutnya inovasi meliputi peningkatan adaptasi teknologi untuk menciptakan peluang usaha sekaligus mencetak lapangan kerja.

"COVID-19 memaksa kita untuk meningkatkan keterampilan, bukan hanya berjualan online, tapi juga bisa menciptakan konten-konten kreatif yang meyakinkan," ujarnya.

Hal selanjutnya adalah adaptasi. Dia mengajak seluruh pihak dapat beradaptasi terhadap protokol kesehatan. Terlebih masyarakat ekonomi syariah yang menurutnya identik dengan Cleanliness, Health, Safety dan Environment Sustainability (CHSE).

"Dan terakhir kolaborasi, selama ini kita didominasi oleh kompetisi, saatnya kita berkolaborasi. Kita berharap agar Gunadarma Sharia Economic Event ini dapat memberikan inspirasi kepada entrepreneur dan calon entrepreneur," tuturnya.

"Mudah-mudahan ini sebuah momentum kita memberi semangat, memberi suatu motivasi dan optimisme, menghadirkan keberkahan dan menjadi energi untuk kita semakin bersemangat untuk bangkit memajukan perekonomian Indonesia," tambahnya.

Sandiaga pun berpesan kepada para mahasiswa untuk terus optimis menghadapi tantangan di tengah pandemi COVID-19. Sebab, krisis ekonomi serta beragam keterbatasan yang dihadapi dapat membentuk karakter seorang entrepreneur yang mumpuni.

"Saya sendiri, DNA-nya adalah entrepreneur, saya lahir dan besar sebagai entrepreneur karena krisis ekonomi, dari krisis ke krisis membawa saya kepada tantangan baru," ungkapnya.

"Pada suatu krisis di tahun 1997 saya memulai usaha dan Alhamdulillah usaha saya sekarang menjadi usaha yang stabil dengan membuka lapangan kerja bagi 30.000 karyawan di seluruh Indonesia," jelas Sandiaga.

Dirinya yang kini bertugas di Kemenparekraf katanya ingin terus berkontribusi. Tujuannya agar masyarakat, terutama para pelaku ekonomi, anak-anak muda yang merupakan masa depan bangsa dapat terus bergerak menjadi pemenang.

"Jangan menjadi kaum rebahan, tapi jadilah agen perubahan," tegasnya

"Bangkit di saat sulit, menang melawan COVID-19, together Gunadarma yes, we can do it," tutup Sandiaga.


(toy/ara)