Jika PPKM Darurat Jadi Diperpanjang, RI Bisa Balik ke Jurang Resesi

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Kamis, 15 Jul 2021 12:10 WIB
Para pejuang rupiah masih bertahan di tengah pemberlakuan PPKM Darurat di Jakarta. Realitas menuntut mereka tetap beraktivitas dengan ruang gerak yang terbatas.
Ilustrasi/Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Skenario PPKM Darurat diperpanjang hingga 4-6 minggu bisa saja diberlakukan oleh pemerintah. PPKM darurat ini bisa saja diperpanjang lantaran varian Delta yang makin ganas.

Wacana perpanjangan PPKM darurat ini juga didukung akibat terus melonjaknya kasus baru COVID-19 di Indonesia. Per Rabu (14/5), pemerintah melaporkan 54.517 kasus positif Corona.

Meski demikian, berbeda dengan isu yang berkembang, Juru bicara Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Jodi Mahardi menyebut belum ada rencana PPKM Darurat diperpanjang. Hingga kini Pemerintah masih mengamati tren penurunan kasus COVID-19 guna mengambil langkah kebijakan selanjutnya.

"Belum ada rencana perpanjangan PPKM darurat. Namun kita akan cermati perkembangan penurunan laju penyebaran kasus," katanya kepada detikcom, Selasa (13/7/2021).

Lantas bagaimana kondisi Indonesia jika PPKM Darurat diperpanjang?

Pengamat Ekonomi dari Political Economy and Policy Studies (PEPS) Anthony Budiawan mengatakan PPKM Darurat diperpanjang akan menyebabkan pertumbuhan ekonomi Indonesia resesi lagi.

"Pertumbuhan 2021 di bawah 2,5%, bisa 0, bahkan negatif kalau masalah pandemi tidak tertangani dengan baik. Saya perkirakan ekonomi bisa masuk resesi lagi sampai akhir tahun ini," jelasnya, kepada detikcom Selasa (13/7/2021).

Direktur Center of Economic and Law Studies (CELIOS) Bhima Yudhistira juga juga memperkirakan Indonesia terancam resesi jika PPKM Darurat diperpanjang. Dia menyebut pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa minus 0,5%.

"Pertumbuhan ekonomi sepanjang tahun skenario terburuknya minus 0,5%. Pemerintah harus mengantisipasi harga pangan dan distribusi pangan jangan sampai terganggu selama PPKM Darurat. Antisipasi kenaikan harga minyak mentah terhadap harga BBM," kata Bhima.

Selain resesi, jika PPKM Darurat diperpanjang bukan hanya akan memberatkan Pusat Perbelanjaan, namun seluruh sektor usaha di Indonesia juga dapat terkena dampaknya. Selain itu, akan ada Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dan penyewa juga diperkirakan akan ada yang menutup usahanya.

Simak video 'Jawaban Luhut Soal PPKM Darurat Diperpanjang Atau Tidak':

[Gambas:Video 20detik]



(eds/eds)