Cetak Rekor! Museum Ini Kecipratan Rp 3 T dari Orang Terkaya Sejagad

Ignacio Geordi Osvaldo - detikFinance
Jumat, 16 Jul 2021 09:38 WIB
Jeff Bezos mencatat jumlah kekayaan tertinggi sepanjang masa. Kekayaan pendiri dan CEO Amazon ini melonjak Rp 105 triliun (kurs Rp 14.700/US$) hanya dalam semalam.
Foto: Getty Images
Jakarta -

Lembaga Smithsonian mengatakan pada hari Kamis (15/7) bahwa Jeff Bezos akan menyumbangkan US$ 200 juta atau nyaris Rp 3 triliun (kurs Rp 14.500/dolar AS) untuk pembangunan museum milik lembaga tersebut.

Sumbangan tersebut merupakan yang terbesar yang pernah diterima oleh lembaga tersebut sejak didirikan pada tahun 1846.

Melansir CNN, Jumat (16/7/2021), secara umum sumbangan sebesar Rp 2,9 triliun tersebut akan dialokasikan ke dalam dua bidang. Dana sebesar US$ 70 juta atau sekitar Rp 1 triliun akan digunakan untuk merenovasi National Air and Space Museum dan sisanya US$ 130 juta atau sekitar Rp 1,8 triliun akan digunakan untuk meluncurkan pusat pendidikan baru.

"Keingintahuan awal Jeff tentang eksplorasi ruang angkasa membantu menginspirasi dia untuk berpikir besar dan bertindak berani, dan sebagai hasilnya dia telah memainkan peran yang menentukan dalam perluasan internet," kata Steve Case, Ketua Dewan Bupati Smithsonian dan pendiri America Online.

"Kami senang Jeff membuat komitmen ini untuk membantu kami memperluas jangkauan dan dampak Smithsonian, saat kami berupaya menginspirasi generasi ilmuwan, astronot, insinyur, pendidik, dan wirausahawan generasi berikutnya," jelasnya lagi

Sebagai informasi, sebelumnya Jeff Bezos telah mengundurkan diri sebagai CEO Amazon pada 5 Juli 2021 kemarin. Perusahaan mengatakan pada saat itu bahwa pendirinya akan beralih dari CEO ke kursi eksekutif. Selain itu Amazon mengatakan bahwa Bezos ingin menghabiskan lebih banyak waktu untuk usaha lainnya, termasuk filantropi.

(eds/eds)