Erick Thohir Sebut Industri Kreatif RI Bisa Setara AS-Korea, Caranya?

ADVERTISEMENT

Erick Thohir Sebut Industri Kreatif RI Bisa Setara AS-Korea, Caranya?

Aulia Damayanti - detikFinance
Sabtu, 17 Jul 2021 21:00 WIB
Ercik Thohir dalam CDM Meeting di Jakarta, Rabu (13/12/2017).
Foto: dok. INASGOC
Jakarta -

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan Indonesia harus menjadi negara pop culture. Hal itu dia katakan merujuk pada industri kreatif Indonesia yang disebutnya bisa berkembang, bahkan bisa setara dengan Amerika Serikat, Jepang, dan Korea.

"Ini kalau kita jadi pop culture kita posisinya bisa di atas, kita bisa sejajar dengan Amerika, Jepang, Korea," kata dia dalam acara Jatim Obah Bareng Erick Thohir secara virtual, Sabtu (17/7/2021).

Erick mengungkap Indonesia bisa menjadi negara pop culture karena telah memiliki beberapa fondasi. Pertama Indonesia memiliki market, kedua banyaknya generasi muda yang bisa membuat tren, ketiga Indonesia memiliki nilai kreatifitas.

"Jadi ada market, ada populasi muda, ada tren, ada budaya culture yang sangat kuat. Dengan ini saya yakini kita serius membuat roadmap yang ada," lanjut Erick.

Maka Erick mendorong industri kreatif Indonesia terutama UMKM untuk membuat roadmap dan mencari tahu apa saja industri yang hidup di masa depan terutama pasca COVID-19.

"Kalau kita tidak tahu dalam penanganan-penanganan COVID-19 atau pasca COVID-19 industri apa yang hidup karena tadi pola kehidupan masyarakat yang berubah ini menjadi hal-hal yang mubazir. Bagaimana tenaga kerja di Indonesia kalau nggak di upgrade," ungkap Erick.

Banyak perubahan yang terjadi akibat COVID-19, Erick mencontohkan bagaimana saat ini operasi bioskop tidak ada dan dialihkan ke digital. Kemudian perubahan di industri makanan, di mana saat ini orang berlomba-lomba berpikir makanan sehat dan bagaimana perubahan teknologi 4.0 dan 5G.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT