Dapat Insentif Rp 3,5 juta, Ini Syarat dan Cara Daftar Kartu Prakerja

Ignacio Geordi Osvaldo - detikFinance
Senin, 19 Jul 2021 15:32 WIB
kartu pra kerja
Foto: Fuad Hasim/Tim Infografis
Jakarta -

Pemerintah kembali melanjutkan program Kartu Prakerja 2021 dengan anggaran mencapai Rp 10 triliun. Bila diterima, para peserta kartu prakerja dapat menerima insentif hingga Rp 3,55 juta.

Hal ini disampaikan langsung oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani. Dia mengatakan bahwa berkaitan dengan PPKM Darurat program Kartu Prakerja diharapkan bisa tersalurkan 10 triliun lagi untuk 2,8 juta peserta.

"Realisasinya sampai dengan 30 Juni ini 10 triliun sudah tercairkan untuk 2,8 juta peserta. Semester 2 dan berkaitan juga dengan PPKM darurat kita berharap akan bisa tersalurkan 10 triliun lagi untuk 2,8 juta peserta," katanya, dikutip Senin (5/7/2021).

Melalui program Kartu Prakerja peserta menerima manfaat pelatihan yang nilainya Rp 1 juta. Kemudian juga mendapatkan cash sebesar Rp 2,4 juta yang dicicil penerimaannya Rp 600.000 per bulan untuk 4 bulan. Lalu insentif mengisi survei Rp 150 ribu untuk tiga kali survei.

Dari semua nilai bantuan itu, Sri Mulyani lebih lanjut mengatakan total manfaat setiap peserta Kartu Prakerja adalah Rp 3,55 juta.

Meski demikian, hingga saat ini masih belum ada kepastian yang jelas mengenai kapan program Kartu Prakerja gelombang 18 akan dimulai. Namun ada baiknya bila kamu dapat memahami terlebih dahulu syarat dan cara mendaftar di program Kartu Prakerja ini.

"Kamu bisa mengikuti sosial media resmi Program Kartu Prakerja yang ada di Facebook, Instagram dan YouTube untuk mengetahui informasi pembukaan gelombang," tulis admin prakerja pada situs prakerja.go.id.

Tidak perlu menunggu pengumuman dibukanya pendaftaran Prakerja gelombang 18. Bagi kalian yang tertarik, kalian bisa segera mendaftarkan diri di situs prakerja.go.id. Dengan demikian, saat gelombang 18 dibuka, kalian sudah memiliki akun Prakerja.