Nahas... 500 Orang Terjebak Kereta Bawah Tanah Akibat Banjir China, 12 Tewas

Aulia Damayanti - detikFinance
Jumat, 23 Jul 2021 10:31 WIB
An aerial view shows cars sitting in floodwaters at the entrance of a tunnel after heavy rains hit the city of Zhengzhou in Chinas central Henan province on July 22, 2021. (Photo by Noel Celis / AFP)
Nahas... 500 Orang Terjebak Kereta Bawah Tanah Akibat Banjir China, 12 Tewas
Jakarta -

Banjir di China telah membanjiri terowongan kereta bawah tanah di Zhengzhou. Hal itu membuat 500 orang terjebak di di dalam kereta semalaman. Nahasnya 12 orang tewas dan lima orang harus dirawat akibat insiden tersebut.

Dikutip dari BBC, Jumat (23/7/2021) Ketinggian banjir yang menyusuri kereta bawah tanah tingginya mencapai leher orang dewasa. Ratusan orang yang terjebak itu telah dievakuasi setelah semalaman menahan kepala mereka agar tetap bernapas. Evakuasi di kereta bawah tanah baru dilakukan pukul 18.10 waktu China

Banjir juga menyusuri jalan raya. Tingginya arus air karena hujan yang berangsur berhari-hari menyebabkan mobil dan puing-puing bangunan terseret.

Secara total sudah ada 25 orang yang tewas akibat Banjir di China, provinsi Henan. Hal itu juga disampaikan oleh Presiden China Xi Jinping. Di ibu kota provinsi Zhengzhou, curah hujan yang tinggi itu telah berlangsung tiga hari berturut-turut.

Anak-anak yang sudah sekolah juga dievakuasi dengan menggunakan perahu plastik. Akibat tingginya curah hujan dan banjir, salah satu rumah sakit di Zhengzhou sempat mati listrik pada Selasa malam dan 600 pasien yang kritis sudah dipindahkan ke rumah sakit lain.

Kini tentara telah dikerahkan untuk mengalihkan sungai yang meluap. Penerbangan dan kereta api di banyak bagian Henan juga telah ditangguhkan.

Otoritas terkait telah merilis peringatan level tertinggi untuk Provinsi Henan saat banjir menerjang wilayah tersebut. Banjir musiman tergolong sering terjadi di China, namun para ilmuwan menyebut perubahan iklim memicu pola cuaca yang semakin ekstrem.

Sementara hujan di Zhengzhou dilaporkan oleh media lokal yang mengutip pakar meteorologi setempat, disebut mencapai yang tertinggi dalam 1.000 tahun. Mulai Sabtu (17/7) malam hingga Selasa (20/7) malam tercatat 617,1 milimeter hujan mengguyur Zhengzhou nyaris setara dengan curah hujan rata-rata tahunan yang mencapai 640,8 milimeter hingga menyebabkan Banjir di China.

Simak Video: Korban Tewas Banjir di Henan 33 Orang, China Mulai Upayakan Pemulihan

[Gambas:Video 20detik]



(fdl/fdl)