Siap-siap! Masuk Mal dkk bakal Di-screening Pakai Aplikasi PeduliLindungi

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Senin, 26 Jul 2021 10:42 WIB
PPKM Darurat membuat salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta sepi. Hanya beberapa gerai yang diizinkan buka dengan prokes ketat.
Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Pemerintah akan mengoptimalkan aplikasi PeduliLindungi untuk mendorong pelacakan (tracing). Hal ini sebagai upaya untuk menghentikan laju penyebaran COVID-19.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, aplikasi PeduliLindungi akan ditingkatkan (upgrade). Sehingga, bisa digunakan untuk menyaring (screening) di mal dan tempat-tempat lain.

"Kemudian pemerintah tadi disampaikan terkait dengan tracing, ini akan mengoptimalkan digital tracing yaitu sistem aplikasi PeduliLindungi. Nah ini akan di-upgrade untuk diintergrasikan untuk melakukan screening di mal ataupun di merchant. Karena ini akan dihubungkan dengan sistem di Kemenkes dan Kominfo," kata Airlangga dalam konferensi pers, Minggu malam (25/7/2021).

Airlangga bilang, aplikasi ini akan menggunakan QR code. Dengan sistem itu nantinya bisa menyaring masyarakat yang sudah tervaksinasi atau belum.

"Sehingga menggunakan QR code bisa meng-screen mereka yang sudah tervaksinasi dan juga yang sudah di tes PCR," katanya.

Airlangga berharap, aplikasi ini bisa disiapkan ketika nanti tempat-tempat umum mulai dibuka.

"Nah ini diharapkan pada saat nanti akan ada pembukaan di tempat-tempat umum diharapkan program PeduliLindungi ini bisa disiapkan," katanya.

Simak video 'Catat! Ini Beda Penerapan PPKM Level 3 dan 4':

[Gambas:Video 20detik]



(acd/zlf)