Inggris Bakal Buat Bahan Bakar Pesawat dari Kotoran Manusia

Anisa Indraini - detikFinance
Kamis, 29 Jul 2021 10:17 WIB
Ilustrasi Penerbangan, ilustrasi pesawat, pesawat terbang, ilutrasi perjalanan, pesawat
Ilustrasi/Foto: Getty Images/Maja Hitij
Jakarta -

Inggris mendorong maskapai penerbangan menggunakan 10% bahan bakar ramah lingkungan pada 2030. Salah satu opsi bahan bakar pesawat adalah yang terbuat dari kotoran manusia.

Menteri Transportasi Inggris, Grant Shapps mengatakan berharap gebrakan ini terealisasi sebelum perubahan lingkungan meningkat 75% di tahun 2050. Inovasi ini akan diuji coba pertama kali oleh penduduk Inggris demi mengurangi tingkat polusi udara.

"Orang Inggris yang terbang pada liburan musim panas akan aman karena mengetahui bahwa perjalanan mereka tidak membahayakan planet ini," katanya dikutip dari The Sun, Kamis (29/7/2021).

Bukan hanya kotoran manusia, Shapps juga berencana membuat bahan bakar pesawat dari limbah rumah tangga seperti minyak goreng. Inovasi ini diprediksi dapat menghemat 23 megaton karbon pada 2050.

Jumlah tersebut setara dengan setengah juta penerbangan dari Inggris ke kota di Spanyol, yaitu Tenerife per tahun. Jika rencana itu terwujud, bahan bakar baru ini dapat menghasilkan 11.000 pekerjaan ramah lingkungan di Inggris pada 2050.

Proyek ini senilai US$ 29,6 juta atau setara Rp 428,9 miliar (kurs Rp 14.491) demi mengubah limbah rumah tangga seperti kotoran manusia menjadi bahan bakar pesawat. Pihaknya telah memilih delapan perusahaan untuk melahirkan inovasi itu.

"Penerbangan akan menjadi pusat pertumbuhan masa depan kami. Itulah sebabnya kami telah menginvestasikan lebih dari £ 20 juta pada tahun lalu untuk mendekarbonisasi sektor ini sejalan dengan jaringan kami yang terkemuka di dunia," tuturnya.

(aid/ara)