Ungkap Jurus Usaha Go Global, Erick Thohir: Jangan Cuma Jualan ke Tetangga

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Jumat, 30 Jul 2021 13:23 WIB
Poster
Foto: Edi Wahyono
Jakarta -

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan para pengusaha saat ini makin mudah untuk bisa go global alias memasarkan produknya ke dunia internasional. Oleh karena itu para pengusaha mikro pun jangan mau hanya memasarkan produknya ke tetangga sekitar saja.

Erick mengatakan pengusaha kecil harus mau belajar dan melakukan kolaborasi untuk mendapatkan peluang usaha, akses modal, hingga akses pasar.

"Ini era baru, era digital. Jika mau belajar dan kolaborasi, kita bisa dapat peluang, akses modal, keterampilan, bahkan akses pasar di dalam dan luar negeri. Peluang bisnis bukan lagi andalkan tetangga sekitar sebagai pasar tetapi juga seantero Indonesia, bahkan ke tingkat global," ungkap Erick dalam Festival Ide Bisnis Ekspor, Jumat (30/7/2021).

Menurut Erick, saat ini pengusaha juga harus memanfaatkan pasar digital dan jaringan logistik agar bisa memasarkan produknya ke seluruh Indonesia bahkan luar negeri.

"Pengusaha harus bisa memanfaatkan pasar digital dan jaringan logistik," ujar Erick.

Erick mengungkapkan Kementerian BUMN dan seluruh perusahaannya juga berkomitmen untuk membantu masyarakat, khususnya anak muda bisa memanfaatkan peluang usaha dan bersaing di era digital.

Mulai dari pembangunan infrastruktur, akses pendanaan, dan akses pasar. Beberapa BUMN juga memiliki program pemberdayaan produk dan layanan bagi UMKM. Salah satunya BNI, melalui program Xpora yang membantu UMKM mengekspor produknya ke Eropa.

"Seperti yang dilakukan BNI, yang sudah membuka jalan bagi UMKM agar go global menembus pasar Eropa melalui London. Xpora sebuah solusi digital untuk UMKM yang merintis bisnis dan memperluas pasar," ungkap Erick.

(hal/das)