Wejangan Erick Thohir Agar Pelaku Usaha Tak Terjerat Rentenir

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Jumat, 30 Jul 2021 14:19 WIB
Poster
Foto: Edi Wahyono
Jakarta -

Menjalankan usaha atau bisnis erat kaitannya dengan kebutuhan modal. Di era saat ini banyak cara untuk mengakses permodalan, jangan sampai malah mencari modal ke rentenir.

Menteri BUMN Erick Thohir memberikan saran kepada pelaku usaha untuk terlepas dari jeratan rentenir. Dia menyarankan agar pelaku usaha bisa mengakses modal lewat sektor perbankan secara langsung.

"Pelaku usaha saat ini juga bisa bebas dari jeratan rentenir, caranya dengan mengakses modal dan keuangan dari perbankan secara langsung," ungkap Erick dalam Festival Ide Bisnis Ekspor, Jumat (30/7/2021).

Dia mengatakan BUMN akan mendukung bisnis para pelaku usaha kecil untuk naik kelas. Salah satu dukungannya dengan cara akses pendanaan melalui bank BUMN. Dengan begitu pelaku usaha bisa terbebas dari jeratan rentenir.

"Kementerian BUMN dan perusahaannya berkomitmen untuk bahu membahu agar masyarakat khususnya anak muda bisa memanfaatkan peluang usaha dan bersaing di era digital ini. Baik lewat pembangunan infrastruktur, pendanaan, dan akses pasar," ungkap Erick.

Menurut Erick, saat ini pengusaha juga harus memanfaatkan pasar digital dan jaringan logistik agar bisa memasarkan produknya ke seluruh Indonesia bahkan luar negeri. Dia menilai pengusaha jangan hanya menjajakan produknya ke tetangga sekitar saja, tapi harus go global.

"Peluang bisnis bukan lagi andalkan tetangga sekitar sebagai pasar tetapi juga seantero Indonesia, bahkan ke tingkat global," kata Erick.

Menurutnya, dalam merintis bisnis pelaku usaha harus melihat potensi peluang usaha di sekitarnya. Erick mengatakan pelaku usaha harus merintis usaha dengan skala kecil, namun memiliki pikiran besar, dan cita-cita yang tinggi.

"Kita bisa mulai dari potensi sekitar kita dan ikhtiar tembus pasar dunia. Start small, think big, and aim high," ujar Erick.

Lihat juga Video: KuTips: Cara Jitu Bebas dari Rentenir Pinjol Ilegal

[Gambas:Video 20detik]



(das/das)