Sosok Lengkap Akidi Tio, Sempat Jadi Misteri hingga Diungkap Bamsoet

Aulia Damayanti - detikFinance
Sabtu, 31 Jul 2021 12:00 WIB
Keluarga pengusaha asal Aceh, Akidi Tio, memberi dana hibah Rp 2 triliun untuk penanganan COVID-19 di Sumsel. (dok Istimewa)
Foto: Keluarga pengusaha asal Aceh, Akidi Tio, memberi dana hibah Rp 2 triliun untuk penanganan COVID-19 di Sumsel. (dok Istimewa)

Bambang Soesatyo Tahu Sosok Akidi Tio

Setelah banyak pertanyaan siapa sosok almarhum Akidi Tio. Ketua MPR Bambang Soesatyo pun membeberkan bahwa dirinya tahu Akidi Tio. Hal itu diunggah oleh Bamsoet melalui akun resmi Instagramnya.

Dalam postingannya, Bamsoet menceritakan bahwa Akidi Tio memulai usaha kecap hingga akhirnya memiliki pabrik kecap di Palembang. Akidi Tio juga punya kelenteng di 10 Ulu dan beberapa tempat di Palembang.

Bamsoet juga mengungkap jika Akidi punya perusahaan Cipta Futura di Muara Enim dan punya tambang batu dolomit yaitu batu pembuat pupuk.

Kata Bamsoet, Akidi pernah bersumpah kepada keluarganya yang bernama Thong Ju, seorang China Palembang yang kaya raya di era Presiden Soekarno. Dia berjanji jika menjadi kaya, maka akan memberikan sumbangan kepada rakyat Palembang.

"Ini terbukti, janjinya (ditepati) melalui wasiat anak cucunya," jelas dia.

Tak hanya itu, Akidi Tio juga sering menyumbang dalam jumlah besar di Sumatera Selatan dan di beberapa wilayah di Indonesia ke panti asuhan yatim, orang cacat dan buta.

Perusahaan Milik Akidi Tio

Dari penelusuran detikcom, PT Cipta Futura atau CIFU memiliki perkebunan kelapa sawit di Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan. CIFU mengembangkan strategi terpadu untuk memproduksi dan mengolah produk sawit.

CIFU juga memanfaatkan keuntungan dari berbagai kondisi alam yang menjadikan Indonesia sebagai salah satu penghasil minyak sawit ideal di dunia. Selain perkebunan CIFU juga memiliki pabrik minyak kelapa sawit matang untuk pengolahan.

Ternyata, Cipta Futura merupakan perusahaan besar swasta nasional yang bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit yang telah berdiri sejak Tahun 1989. Perusahaan ini berlokasi di Muara Enim, Sumatera Selatan. Saat ini kami memiliki lahan seluas 8381 Ha.


(ara/ara)