Para Tokoh yang Sempat Puji Sumbangan Rp 2 T Keluarga Akidi Tio

Tim detikcom - detikFinance
Senin, 02 Agu 2021 16:59 WIB
Mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan tampak bersemangat ikut senam
Para Tokoh yang Sempat Puji Sumbangan Rp 2 T Keluarga Akidi Tio
Jakarta -

Kabar keluarga almarhum pengusaha Akidi Tio menyumbang Rp 2 triliun untuk membantu penanganan COVID-19 mencuri perhatian banyak tokoh publik. Bagaimana tidak, uang Rp 2 triliun bukanlah angka yang sedikit untuk disumbangkan.

Sayang, ternyata bantuan tersebut tak terlaksana. Heriyanti, anak perempuan Akidi Tio ditetapkan sebagai tersangka terkait bantuan Rp 2 triliun. Heriyanti sedang diperiksa di Polda Sumsel.

Beberapa tokoh sempat memuji rencana keluarga Akidi Tio menyumbang Rp 2 triliun, berikut dirangkum detikcom:

1. Susi Pudjiastuti

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti ikut menyoroti aksi keluarga almarhum Akidi Tio. Melalui keluarganya, Akidi Tio memberikan dana hibah senilai Rp 2 triliun untuk membantu penanganan COVID-19. Apa tanggapan Susi?

"Ketulusan berbagi yg luarbiasa. Respect & apresiasi untuk Bapak Akidi & keluarga. Semoga amal Bapak dibalas oleh Tuhan YME," cuit Susi melalui akun Twitter @susipudjiastuti, dikutip detikcom Selasa (27/7/2021).

2. Dahlan Iskan

Lewat tulisannya di blog disway.id yang dia unggah Senin (28/7/2021), Dahlan Iskan dibuat kagum oleh apa yang dilakukan oleh keluarga Akidi Tio. Bahkan mantan Menteri BUMN itu terus mencari tahu sosok Akidi Tio.

"BUKAN main. Hanya itu yang bisa saya tulis. Kok ada orang menyumbang uang Rp 2 triliun. Orangnya tidak pernah dikenal. Sudah lama pula meninggal dunia," tulis Dahlan.

3. Bambang Soesatyo

Ketua MPR Bambang Soesatyo mengungkap potret sosok Akidi Tio ini. Dia menyebutkan jika Akidi adalah orang yang dermawan namun tetap rendah hati.

Bahkan Akidi kerap kali menyumbang dengan nama Hamba Allah atau menyumbang tanpa nama. Bamsoet juga mengatakan Akidi Tio adalah filantropi terbesar kedua setelah Bill Gates.

"Selalu pakai No Name atau Hamba Allah, ternyata dia orang kedua sedunia yang menyumbang terbanyak sesudah Bill Gates," kata dia dikutip dari akun Instagramnya, Jumat (30/7/2021).

4. Hotman Paris

Salah satu pujian itu disampaikan oleh pengacara kondang, Hotman Paris. Ia menilai aksi yang dilakukan oleh keluarga almarhum Akidi Tio layaknya pahlawan yang bergerak saat sekitarnya membutuhkan.

Tidak tanggung-tanggung, Hotman Paris juga menyebut jika keluarga Akidi Tio jauh lebih dermawan daripada beberapa orang kaya di dunia, termasuk Bill Gates.

"Apakah ini benar? Kalau benar maka inilah Pahlawan Sejati sepanjang masa di dunia! Kalahkan Bill Gates dan para Konglo Dunia!" tulis Hotman Paris di Instagram dikutip Selasa (27/8/2021).

Sebagai informasi, Polda Sumsel menetapkan anak Akidi Tio, Heriyanti, sebagai tersangka terkait hibah Rp 2 triliun. Heriyanti dijerat pasal penghinaan kebangsaan.

"Status tersangka, inisial H sudah kita amankan di Polda. Sekarang penyidik sedang menyelidiki motif, karena akan kita kenakan dengan undang-undang nomor 1 tahun 1946, pasal 15 dan 16," ujar Dirintelkam Polda Sumsel, Kombes Ratno Kuncoro, Senin (2/8/2021).

Hal itu disampaikan dalam konferensi pers bersama Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru, di Palembang. Ratno menyebut aksi Heriyanti membuat kegaduhan.

"Karena membuat kegaduhan," tuturnya.

Berikut pasal yang dimaksud:

Pasal 15
Barang siapa menyiarkan kabar yang tidak pasti atau kabar yang berkelebihan atau yang tidak lengkap, sedangkan ia mengerti setidak-tidaknya patut dapat menduga, bahwa kabar demikian akan atau mudah dapat menerbitkan keonaran di kalangan rakyat, dihukum dengan hukuman penjara setinggi-tingginya dua tahun.

Pasal 16
Barang siapa terhadap bendera kebangsaan Indonesia dengan sengaja menjalankan suatu perbuatan yang dapat menimbulkan perasaan penghinaan kebangsaan, dihukum dengan hukuman penjara setinggi-tingginya satu tahun enam bulan.

(toy/fdl)