Mengintip 'Jeroan' Mewah Rumah Rp 1,8 T Peninggalan Bill Gates-Melinda

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Senin, 09 Agu 2021 16:08 WIB
Rumah Bill Gates
Foto: AP/Elaine Thompson
Jakarta -

Pendiri Microsoft Bill Gates dan Melinda telah resmi bercerai. Mereka telah sepakat untuk membagi kekayaan mereka.

Mereka tercatat punya hunian yang mewah. Namun, kemungkinan akan kesulitan jika dijual.

Dikutip dari Mansion Global, Senin (9/8/2021), mereka memiliki properti senilai US$ 130 juta atau setara dengan Rp 1,85 triliun (asumsi kurs Rp 14.300) di pinggiran kota Seattle. Jika rumah itu diperebutkan, maka penjualannya akan sulit.

"Mereka punya rumah yang luar biasa, tapi sekarang, kalau harus dijual, tidak jadi apa-apa," kata Ernie Carswell dari Douglas Elliman, agen yang berbasis di Los Angeles.

Bill Gates sendiri pernah mengaku memiliki rumah yang bagus. Rumah tersebut memiliki ruang trampolin untuk anak-anaknya.

"Saya punya rumah yang bagus," katanya di Reddit pada 2019.

"Ini termasuk ruang trampolin yang tampaknya agak berlebihan tetapi anak-anak saya suka menggunakannya untuk menghilangkan kelebihan energi mereka," tambahnya.

Cerita mengenai rumah pasangan Bill Gates dan Melinda telah terungkap selama bertahun-tahun. Banyak magang Microsoft yang mengunjunginya pada tahun 2007 dan menulis tentang pengalaman itu dalam sebuah blog.

"Menuruni jalan masuk rumah Bill seperti tiba di Jurassic Park," tulis seorang magang, Robert Smith.

Dia mengatakan, jalan masuk ke rumah sangat panjang, menurun tajam dan tertutup banyak tumbuhan. Ia juga mengungkap keberadaan bioskop di dalamnya.

"Sebuah ruangan yang terlihat penuh dengan sofa dan bantal," katanya.

"Kami memeriksa dermaganya, pantainya (dengan pasir yang diimpor dari Hawaii), bak mandi air panas, dan perahu. Dia juga memiliki area rumahnya di mana aliran air mengalir dari bawah rumah ke Danau Washington," tulis pekerja magang itu.

Pekerja magang itu juga mengungkap adanya kolam renang indoor dan outdoor.

"Kami juga melihat kolam renang indoor/outdoor yang memiliki jeruji bawah air yang memungkinkan Anda berenang di antara dua bagian tersebut," katanya.

Menurut laporan Mansion Global, rumah tersebut memiliki luas 66.000 kaki persegi dan menurut catatan properti memiliki nilai US$ 130,8 juta. Rumah khusus yang dibangun jauh lebih besar dan lebih mewah daripada properti mana pun di area tersebut dapat menyebabkan kesulitan saat dijual.

Rumah mantan bintang NBA Michael Jordan di daerah Chicago adalah contoh utama. Membentang seluas 56.000 kaki persegi, rumah Jordan rumah tersebut dipenuhi dengan fasilitas khusus, termasuk lapangan basket berukuran standar dan kolam renang tanpa batas dengan pulau berumput di tengahnya.

Legenda bola basket pertama kali mendaftarkan rumah besar itu pada tahun 2012 seharga US$ 29 juta, dan tetap di pasaran saat ini dengan meminta US$ 14,8 juta.

(acd/eds)