Terungkap! Ini Rahasia Perusahaan China Raup Untung dari Investor Asing

Aulia Damayanti - detikFinance
Selasa, 10 Agu 2021 10:29 WIB
Ilustrasi bendera China/ebcitizen.com
Foto: Internet/ebcitizen.com
Jakarta -

Perusahaan China memiliki rahasia dalam mengumpulkan uang dari investor asing. Mereka menggunakan yang namanya skema variable interest entity (VIE) atau entitas bunga variabel.

Apa itu VIE? Dikutip dari CNN, Selasa (10/8/2021) struktur VIE, di mana satu perusahaan China memiliki kontrak dengan dua perusahaan lain.

Pertama perusahaan yang berbasis di suatu tempat di luar China, biasanya Kepulauan Cayman. Kedua, perusahaan China yang memegang lisensi yang diperlukan untuk melakukan bisnis di negara tersebut.

Bagaimana cara kerjanya? Jadi, ketika investor asing membeli saham di perusahaan China yang menggunakan struktur VIE, mereka tidak secara langsung membeli saham perusahaan utama, tetapi saham di perusahaan lain yang terikat dengan perusahaan utama.

Misalnya, seorang investor ingin membeli saham perusahaan ride-hailing China, Didi, yang go public pada Juni di New York Stock Exchange. Tetapi Didi sendiri menggunakan struktur VIE.

Maka investor yang membeli saham Didi ini tidak memiliki saham perusahaan Didi, tetapi saham perusahaan asing yang memiliki kontrak dengan Didi di Kepulauan Cayman, perusahaan itu bernama Didi Global.

Sementara, Didi Global ini tidak memiliki bisnis di China, tetapi memiliki kontrak yang memberikan hak kepada pemegang sahamnya atas manfaat ekonomi yang dihasilkan oleh bisnis itu.

Hasilnya, misal ketika orang AS membeli saham Didi, mereka tidak mendapatkan saham ekuitas langsung di Didi. Pengaturan ini dijelaskan dalam prospektus Didi, namun tidak semua orang mengetahuinya. Alibaba, Pinduoduo, dan JD.com juga menggunakan VIE.

Alasan perusahaan China menggunakan struktur VIE, karena investor asing tidak diizinkan untuk memiliki saham termasuk perusahaan teknologi. Namun, di sisi lain perusahaan ingin mengumpulkan uang di luar negeri.

Tetapi ada risiko besar yang dihadapi oleh perusahaan China jika menggunakan struktur VIE. Pertama, tidak jelas apakah kontrak yang memberikan hak kepada investor asing atas manfaat ekonomi yang dihasilkan oleh perusahaan China dapat ditegakkan. Juga tidak jelas apakah VIE legal menurut hukum China.

Tonton juga Video: Penjelajahan Rover Zhurong Milik China di Area Bebatuan Mars

[Gambas:Video 20detik]



(ara/ara)