Kemenparekraf Tunjuk RS Ini Jadi Rujukan Destinasi Wisata Medis

Tim detikcom - detikFinance
Sabtu, 14 Agu 2021 08:28 WIB
Dok RS Mayapada Tangerang
Foto: Dok RS Mayapada Tangerang
Jakarta -

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menunjuk sejumlah rumah sakit yang menjadi rujukan National Brand destinasi Wisata Kesehatan (Health Tourism) Indonesia. Salah satu rumah sakit yang menjadi rujukan adalah Mayapada Hospital.

Kemenparekraf dalam siaran persnya menyatakan wisata medis saat ini menjadi salah satu yang dijadikan unggulan dalam menarik minat wisatawan di sejumlah negara. Data research and market bulan Maret 2020 menyebutkan, potensi dasar pariwisata medis global hingga tahun 2026 diperkirakan mencapai 179,6 juta dolar AS atau sekitar Rp 2.580,4 triliun.

Langkah penggalakan program wisata kesehatan ini merupakan langkah pembenahan secara struktural karena pertahun ada hampir rp 100 triliun lebih yang dibelanjakan di luar negeri terkait layanan kesehatan yang sebenarnya bisa dilakukan di Indonesia dan harus bergandengan tangan untuk menangani isu-isu strategis dalam pengembangan wisata kesehatan di Indonesia

Group CEO Mayapada Healthcare Jonathan Tahir mengatakan pihaknya siap bekerja sama dengan pemerintah untuk bisa meningkatkan kualitas layanan sebagai destinasi unggulan Wisata Kesehatan Indonesia (Indonesia Health Tourism).

"Melihat potensi yang begitu besar, kami yakin dokter-dokter maupun tenaga kesehatan di Indonesia perlu meningkatkan kompetensi dan profesionalitasnya agar mampu untuk bersaing di kancah regional Asia. Harapan kami, program ini dapat memaksimalkan Indonesia untuk bisa masuk ke dalam jajaran trip destination di ASIA melalui ruang lingkup Health Tourism," kata Jonathan dalam keterangannya, Sabtu (14/8/2021).

Saat ini semua unit Mayapada Hospital menjalankan protokol kesehatan dengan ketat seperti di antaranya pemisahan alur serta gedung perawatan dan poliklinik untuk pasien Covid-19 dan nonCovid-19, pembatasan keluar masuk pintu utama,screeningsuhu tubuh dengan thermal, penyediaan sanitizer di setiap titik masuk dan keluar Mayapada Hospital, wajib memakai masker ganda guna mendapatkan akses masuk, menyiapkan table shield di tiap ruang konsultasi, serta disinfektan secara berkala di setiap sudut Rumah Sakit.

(fdl/fdl)