4 Tips Jual Produk Baru Langsung Cuan!

Jihaan Khoirunnisa - detikFinance
Senin, 16 Agu 2021 10:11 WIB
Ilustrasi strategi marketing
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Ada anggapan kesuksesan sebuah bisnis itu terletak pada strategi pemasaran yang tepat. Lantas bagaimana strategi pemasaran untuk memasarkan produk baru?

Apalagi sebagai seorang pengusaha, Anda menginginkan produk tersebut sukses besar dan menarik animo masyarakat. Namun, untuk memasarkan produk baru terbilang tidak mudah, terutama bila produk tersebut belum dikenal luas. Jangan hanya obral sana-sini, yuk cari tahu tips jitu menjual produk baru seperti dilansir dari Entrepreneur.

1. Kunci Awal: Riset Pasar

Langkah awal untuk memasarkan sebuah produk baru, yaitu melakukan riset pasar dengan matang. Tujuannya untuk mencari tahu peluang pasar dan siapa saja yang menjadi konsumen potensial.

Hal ini penting karena menentukan apakah produk akan laku atau tidak. Sayangnya, banyak pengusaha yang mengabaikan riset pasar, akibatnya banyak yang gagal menghasilkan penjualan tinggi. Selain itu, usahakan riset yang dilakukan mendetail sehingga hasil akhirnya lebih akurat.

2. Buat Rencana Penjualan

Rencana penjualan akan menjadi pedoman dalam menentukan strategi pemasaran produk yang sesuai. Rencana ini haruslah memuat beberapa hal. Pertama, target penjualan. Tulis jumlah spesifik produk yang akan dijual.

Jangan lupa cantumkan timeline yang jelas, misalnya menjual 50 produk kepada konsumen dalam 30 hari. Timeline ini akan mempermudah Anda dalam melakukan evaluasi, serta mencari langkah perbaikan yang akan diambil ke depan.

3. Bangun Pasar Anda

Selanjutnya, Anda bisa mulai menjual produk ke konsumen. Bisa secara online melalui website dan e-commerce. Ataupun menawarkan langsung ke teman atau kerabat dekat. Dengan begitu Anda akan mendapatkan referensi konsumen untuk ditanyakan feedback soal produk yang dijual.

Feedback tersebut dapat menjadi masukan untuk memperbaiki produk, baik dari segi kemasan maupun harga.

4. Perluas Jangkauan Pasar

Setelah mendapatkan pondasi penjualan sudah kuat, kini Anda siap memperluas jangkauan ke pasar yang lebih besar. Seperti dengan menjual produk secara grosir ke toko retail.

Selain itu, Pengusaha juga harus terus mengembangkan produk agar kualitas semakin baik dan menarik minat masyarakat. Anda bisa belajar dari apa yang dilakukan oleh Samsung. Dalam mengeluarkan produk barunya, Samsung terus berinovasi dengan memberikan perbedaan yang cukup signifikan di produk barunya dibandingkan pendahulunya.

Contoh yang bisa dilihat adalah pada Samsung Galaxy Z Fold3 yang saat ini sudah dapat menggunakan S pen yang biasa dipakai oleh Note Series. Pengguna dapat memanfaatkan berbagai fitur S Pen yang sudah dioptimalkan untuk layar foldable sehingga mempermudah Anda dalam melakukan kegiatan.

Selain itu, Samsung juga membekali ponsel barunya ini dengan layar yang dilapisi bahan Polyethylene terephthalate (PET) yang dapat meregang. Sehingga menciptakan layar yang 80% lebih tahan lama dari pendahulunya.

Samsung Galaxy Z Fold3 ditenagai chipset Snapdragon 888 yang diracik dengan RAM 12 GB. Samsung juga membuat ponsel lipat ini dengan desain yang lebih mulus, tipis, dan ringan sehingga lebih mudah dibawa ke mana saja.

Samsung Galaxy Z Fold3 tersedia dalam tiga pilihan warna yaitu Phantom Black, Phantom Green, dan Phantom Silver. Samsung Galaxy Z Fold3 akan tersedia secara pre-order mulai dari 11 Agustus 2021 dan akan diluncurkan pada 27 Agustus 2021 di sejumlah kawasan seperti Amerika Serikat, Eropa, dan Korea Selatan. Anda bisa memilikinya dengan harga mulai dari Rp 24.999.000



Simak Video "Menggenggam Mewahnya Samsung Galaxy Z Fold3 5G!"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/hns)