Drama Marketing Lain yang Ujungnya Jualan Seperti Hotman vs Kopi Kenangan

Aulia Damayanti - detikFinance
Senin, 16 Agu 2021 15:33 WIB
Dapur Hotman Paris Viral.
Drama Marketing Lain yang Ujungnya Jualan Seperti Hotman vs Kopi Kenangan
Jakarta -

Viral strategi marketing Hotman Paris Hutapea dengan Kopi Kenangan yang diawali dengan drama kekecewaan hingga ancaman yang dilayangkan oleh Hotman. Hal itu dia unggah di akun Instagramnya dalam video berdurasi 57 detik.

"Saya benar-benar kecewa dengan @kopikenangan.id !!! Saya tunggu itikad baik mereka 3x24 jam," tulis Hotman.

Alih-alih sebuah ancaman yang akan berujung ke jalur hukum, ternyata itu hanyalah drama marketing kedua belah pihak. Hari ini Hotman Paris mengunggah minuman baru Kopi Kenangan yang berkolaborasi dengan dirinya.

"Ayo Masyarakat Indonesia, ini saatnya kalian merasakan minuman kekinian paling enak dari Sultan Hotman Paris bersama Kopi Kenangan yaitu Sultan Boba, pilihan para sultan dengan boba asli Taiwan!," tulis Hotman Paris, Senin (16/8/2021).

Tidak hanya Hotman, dalam catatan detikcom ada sejumlah tokoh yang juga melakukan strategi marketing unik.

Tung Desem

Tung Desem pernah mengaplikasikan promosi dengan cara hujan duit pecahan Rp 1.000 sebanyak Rp 100 juta pada 1 Juni 2008. Langkah tersebut merupakan strategi promosi dari penjualan bukunya yang berjudul Marketing Revolution.

Ia menjelaskan, agar promosi yang dilakukan lebih efektif, selain hujan duit ia juga menambahkan hadiah atau penawaran lain kepada masyarakat yang membeli bukunya.

"Misalnya, buku yang saya launching tadi bukan hanya untuk branding tapi ada penawarannya. Jadi pada waktu saya launching buku tadi saya tambahin hadiah seminar 3 hari di 10 kota, saat penjualan bukunya dalam 1 hari berhasil terjual 38.878 buku, terkenal tidak cukup kalau tidak ada penawaran," jelasnya.

Tung Desem mengatakan ide tersebut lahir karena dirinya melihat Richard Branson, yang merupakan pendiri dan pemilik grup Virgin Records. Menurutnya promosi yang dilakukan Branson selalu mengundang perhatian banyak orang atau menjadi viral.

Kemudian, pada 2005 ia juga menarik perhatian warga dengan cara yang unik. Tung Desem melakukan upacara di Jalan Jendral Sudirman dan menggunakan kuda perang lengkap dengan pakaian perang khas Jendral Sudirman.

Aksi tersebut dikawal pasukan Brimob dan pendapat banyak perhatian warga, ketika wartawan datang dan meliput baru lah promosi mulai dilakukan. Langkah tersebut merupakan aksi peluncuran buku marketing yaitu Finansial Marketing aksi tersebut merupakan isi dari visi buku yang berperang melawan kemiskinan

Arief Muhammad

Pada Oktober 2020, YouTuber Arief Muhammad mengundang kehebohan di jagat media sosial. Hal itu disebabkan karena foto dirinya bergaya bak calon Presiden terpampang pada sebuah baliho raksasa di pinggir jalan. Dengan latar belakang berwarna merah putih dilengkapi dengan tulisan 'Siap Menjadi Nomor 1.'

Dia pun menjelaskan memasang baliho tersebut bukan untuk mencalonkan diri ikut Pilkada, melainkan untuk menjadi salah satu bos merek fashion pria.

"Dengan ini, saya, Arief Muhammad, mendeklarasikan secara resmi bahwa Prepp Studio telah resmi saya akuisisi. Ketimbang saya beli bajunya, mending saya beli saja brand dan perusahaannya. InsyaAllah di bawah kepemimpinan Arief Muhammad dan @dimasmairyan, partner sekaligus founder, Prepp Studio akan menjadi BRAND FASHION PRIA NOMOR 1 DI INDONESIA," tulis Arief Muhammad, Selasa (20/10/2020).

Keterangan itupun sontak membuat netizen khususnya warga Instagram heboh hingga menyebutnya memiliki strategi marketing S3. Meski demikian, tidak sedikit yang mengucapkan selamat kepada Arief Muhammad karena telah resmi menjadi bos merek fashion pria.

"S3 Marketing Harvard (salah). S3 Marketing Arief Muhammad (benar)," tulis salah satu akun @Masdianfadzil.

(fdl/fdl)