AirAsia Terjun ke Bisnis Kirim Makanan, Ada Diskon-Gratis Ongkir!

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Rabu, 18 Agu 2021 10:22 WIB
AirAsia di Pameran di Paris
Foto: Angga Aliya ZRF/detikcom
Jakarta -

AirAsia baru saja membuka unit usaha baru di Thailand. Setelah meluncurkan superapp airasia usai mengakuisisi Gojek, kini mereka meluncurkan layanan pengiriman makanan AirAsia Food.

Aplikasi ini dioperasikan oleh AirAsia Digital, anak usaha AirAsia yang bergerak di sektor ekonomi digital. Amanda Woo, Chief Executive superapp airasia mengatakan AirAsia Food diluncurkan di Bangkok sebagai layanan baru yang melayani gaya hidup normal baru masyarakat sambil mendukung pedagang dan komunitas lokal.

"AirAsia Food menandai awal dari revolusi digital kami di Thailand, dan saat ini kami sedang mempersiapkan layanan kurir, grosir, ride-hailing, dan kecantikan, yang akan diluncurkan dalam beberapa minggu mendatang," kata Woo dilansir Bangkok Post, Rabu (18/8/2021).

Untuk menarik pelanggan baru, AirAsia Food telah meluncurkan kampanye dengan berbagai diskon menarik. Misalnya saja, diskon berbentuk makanan gratis selama 30 hari melalui berbagai mitra termasuk McDonald's, Flash Coffee, dan Cafe Amazon.

Ada juga kampanye diskon berupa jasa gratis ongkos kirim untuk semua pesanan dalam radius 6 km. Diskon-diskon ini bisa dinikmati sejak hari Selasa kemarin hingga 30 September 2021.

Layanan pengiriman makanan AirAsia ini baru tersedia untuk empat distrik di Bangkok. Meliputi Din Daeng, Chatuchak, Lat Phrao dan Huai Khwang. Tentunya cakupan ini akan diperluas seiring berjalannya waktu, khususnya ke daerah ramai seperti Phuket dan Chiang Mai dalam waktu dekat.

Di sisi lain, raksasa e-commerce Shopee juga sedang gencar merekrut mitra pengendara untuk layanan pengiriman makanan barunya, yang disebut ShopeeFood di Thailand. Bila di Indonesia sudah tidak asing, layanan ShopeeFood di Thailand baru akan muncul di kuartal III tahun ini.

Sebelumnya, pada bulan Juli AirAsia mengumumkan telah mengakuisisi operasi bisnis Gojek di Thailand, yang juga mencakup layanan pesan-antar makanan. Kini, sumber daya dan layanan Gojek di Thailand telah dialihkan ke airasia digital.

Gojek di Thailand sendiri memiliki lebih dari 50.000 mitra pengendara dan 40.000 mitra restoran sebelum bergabung dengan AirAsia Digital.

(hal/ara)