Apa Kabar Nasib Penerima Subsidi Gaji Tak Punya Rekening Bank BUMN?

Trio Hamdani - detikFinance
Rabu, 18 Agu 2021 13:18 WIB
Ilustrasi Uang
Ilustrasi/Foto: Ari Saputra / detikcom
Jakarta -

Mekanisme penyaluran bantuan subsidi upah/gaji (BSU) Rp 1 juta pada tahun ini berbeda dari tahun lalu. Kali ini bantuan hanya akan ditransfer ke rekening bank BUMN, yakni BRI, BNI, Mandiri, dan BTN. Khusus untuk di Aceh ditransfer ke rekening Bank Syariah Indonesia (BSI).

Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) Anwar Sanusi mengatakan saat ini pihaknya masih menunggu data dari BPJS Ketenagakerjaan, yakni data pekerja yang belum punya rekening bank BUMN namun memenuhi syarat sebagai penerima subsidi gaji atau BSU Rp 1 juta.

Kemungkinan rekening bank BUMN bisa dibuatkan secara kolektif pada pekan ini. Namun, itu dilakukan secara bertahap.

"Kami menunggu data BPJS Ketenagakerjaan, mudah-mudahan minggu ini sebagian sudah bisa," kata Anwar melalui pesan singkat kepada detikcom, Rabu (18/8/2021).

Keterangan lain dari Kemnaker menjelaskan teknis penyaluran BSU Rp 1 juta akan diberitahukan melalui sistem informasi dan pengaduan terkait program tersebut.

"Teknisnya nanti akan diberitahukan melalui sistem informasi dan pengaduan BSU yang telah kami buat. Kami berharap BSU ini dapat tersalurkan dengan cepat dan tepat sasaran," jelas Kemnaker.

Sementara mengutip Instagram resmi Kemnaker, dijelaskan bahwa nantinya penerima BSU Rp 1 juta yang tidak memiliki rekening bank BUMN akan diminta datang ke bank, yakni untuk mengaktifkan rekening yang telah dibuatkan secara kolektif.

"Kemnaker akan membuatkan rekening baru gaji penerima BSU yang tidak memiliki rekening bank HIMBARA. Penerima bantuan tinggal datang ke bank yang dituju untuk mengaktifkan rekening dan mengambil dana tunai yang sudah didaftarkan," papar Kemnaker melalui Instagram belum lama ini.

(toy/eds)