Subsidi Gaji Rp 1 Juta Masuk Rekening 947.436 Pekerja, Kamu Termasuk?

Trio Hamdani - detikFinance
Rabu, 18 Agu 2021 13:22 WIB
Big Win. Creative Collage Of Asian Girl With Smartphone In Hands Celebrating Victory Under Money Shower Of Dollar Banknotes
Ilustrasi/Foto: Getty Images/iStockphoto/Prostock-Studio
Jakarta -

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) mencatat bantuan subsidi upah/gaji (BSU) Rp 1 juta sudah masuk ke rekening 947.436 pekerja. Itu untuk bantuan tahap I yang menyasar 1 juta pekerja.

"Untuk BSU tahap I, Kemnaker telah menerima 1 juta data dari BPJS Ketenagerjaan. Dan saat ini BSU tahap I telah tersalurkan kepada 947.436 penerima," demikian jawaban Kemnaker secara tertulis kepada detikcom, Rabu (18/8/2021).

Subsidi gaji atau BSU Rp 1 juta yang telah disalurkan pada tahap I seluruhnya menyasar pekerja pengguna rekening bank Himbara (BUMN), yakni BRI, BNI, Mandiri, dan BTN.

"Untuk tahap I seluruh penerima BSU tahap I yang telah tersalurkan merupakan pengguna rekening Bank Himbara," jelas Kemnaker.

Saat dihubungi terpisah, Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) Anwar Sanusi mengatakan untuk calon penerima BSU yang belum punya rekening bank BUMN akan dibuatkan secara kolektif.

Saat ini pihaknya masih menunggu data terkait dari BPJS Ketenagakerjaan. Kemungkinan rekening bank BUMN bisa dibuatkan secara kolektif pada pekan ini. Namun, itu dilakukan secara bertahap.

"Kami menunggu data BPJS Ketenagakerjaan, mudah-mudahan minggu ini sebagian sudah bisa," kata Anwar melalui pesan singkat kepada detikcom, Rabu (18/8/2021).

(toy/eds)