AirAsia Bikin Layanan Taksi Online di Malaysia, Bakal Buka Juga di RI?

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Minggu, 29 Agu 2021 17:59 WIB
AirAsia Group akhirnya resmi kembali mengudara di langit Malaysia mengoperasikan rute-rute domestiknya di tengah Pandemi Corona.
Foto: Getty Images/Rahman Roslan
Jakarta -

Maskapai AirAsia mulai bergerilya masuk ke dalam berbagai bisnis. AirAsia yang awalnya fokus ke bisnis penerbangan kini mulai terjun ke bisnis ride hailing alias transportasi online.

Jumat kemarin, AirAsia meluncurkan AirAsia Ride, layanan transportasi online di Malaysia. Beberapa daerah, termasuk Kuala Lumpur menjadi wilayah awal AirAsia Ride beroperasi.

Diluncurkan pertama kali di Malaysia, mungkinkah AirAsia Ride akan masuk juga ke Indonesia?

Menurut pengamat Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Djoko Setijowarno, layanan AirAsia sudah pasti akan mengincar pasar Indonesia. Dia menilai tak lama lagi layanan ini bakal hadir di Indonesia.

Terlebih lagi permintaan perjalanan transportasi online masih besar di Indonesia, mengingat wilayahnya yang luas dan penduduknya cukup banyak.

"Pasti itu dia masuk ke Indonesia, mengingat pasar yang besar di Indonesia. Keuntungannya besar di sini," ungkap Djoko kepada detikcom, Minggu (29/8/2021).

Bukan cuma dari penumpang, potensi AirAsia Ride untuk mendapatkan armada juga banyak mengingat saat ini pun driver transportasi online banyak jumlahnya.

Djoko pun mengatakan bila potongan penghasilan untuk driver lebih kecil ditawarkan dari penyedia jasa lainnya, bisa saja para driver memilih menjadi mitra AirAsia Ride.

"Dari drivernya juga kan banyak di sini, kalau potongan lebih rendah pasti banyak yang mau driver kan," kata Djoko.

Bersambung ke halaman selanjutnya.