Pesan Tiket Kereta Api Bisa 'Dapat' Taksi, Ini Caranya

Aulia Damayanti - detikFinance
Senin, 30 Agu 2021 18:58 WIB
Ada yang pangling dari tampilan lokomotif PT Kereta Api Indonesia (Persero). Ya ada perubahan logo KAI.
Foto: dok Kereta Api Indonesia
Jakarta -

PT Kereta Api Indonesia (Persero) dan PT Blue Bird Tbk berkolaborasi agar pemesanan taksi Bluebird bisa dilakukan melalui aplikasi KAI Access. Jadi setelah pelanggan pesan tiket kereta api, dapat melanjutkan pemesanan taksi Bluebird sebelum pembayaran.

Layanan ini masuk dalam layanan First Mile. Sebelumnya yang diluncurkan KAI dan Bluebird yakni layanan Last Mile atau transportasi dari stasiun kedatangan hingga ke lokasi tujuan pada 16 September 2020.

Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero), Didiek Hartantyo, mengungkapkan peluncuran layanan First Mile ini akan semakin memberikan kemudahan aksesibilitas, integrasi, dan kenyamanan kepada pelanggan KAI untuk memanfaatkan taksi-taksi Bluebird.

"Jadi ini kolaborasi dan sinergi yang sangat luar biasa di mana Bluebird sebagai pemain utama taksi dan KAI sebagai pemain utama Kereta Api berkolaborasi, bersinergi, dalam memberikan value kepada para pelanggan kita," ujar Didiek dalam keterangannya, Senin (30/8/2021).

Didiek berharap sinergi KAI dan Bluebird terus melahirkan inovasi-inovasi untuk memperluas fitur-fitur layanan yang telah tersedia dalam aplikasi KAI Access. Tujuannya agar dapat memberikan kenyamanan, kepercayaan, serta keselamatan kepada para pelanggan.

"Saya yakin dan optimis pandemi ini akan segera bisa diatasi oleh pemerintah sehingga masa the new normal akan segera tiba, dan layanan transportasi akan kita tumbuhkan. Ini sejalan dengan visi KAI yaitu menjadi solusi ekosistem transportasi terbaik untuk Indonesia. Di mana dalam membangun ekosistem kami akan terus berkolaborasi dengan moda transportasi yang lain dan yang paling utama adalah layanan Taksi Bluebird ini," tutup Didiek.

Direktur Niaga KAI Dadan Rudiansyah menambahkan KAI menjalin kerja sama dengan Bluebird di samping merupakan perusahaan taksi terbesar di Indonesia, Bluebird juga merupakan perusahaan yang terpercaya dalam pengelolaan transportasi taksi.

"Harapannya dengan kolaborasi ini masyarakat akan semakin nyaman dan mudah untuk mencapai tujuan bertransportasi. Diharapkan juga animo masyarakat semakin meningkat untuk menggunakan layanan KAI dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat sesuai kebijakan pemerintah," kata Dadan.

Sementara itu, Direktur Utama PT Blue Bird Tbk, Sigit Djokosoetono mengungkapkan Kolaborasi ini diyakini mampu menghadirkan layanan yang dapat diandalkan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan mobilitas dengan jarak tempuh antar kota maupun provinsi.

"Keberlanjutan kerja sama ini merupakan bentuk sinergi yang kuat antara pihak BUMN dan Swasta untuk mendukung pertumbuhan dan peningkatan kualitas layanan transportasi massa di Indonesia," katanya.

Bagaimana caranya? Cek di halaman berikutnya.