Tipu-tipu Investasi Teman Kencan, Penipu Pakai Aplikasi Jianhong Era

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Selasa, 31 Agu 2021 19:35 WIB
Investasi Bodong
Foto: Tim Infografis: Nadia Permatasari
Jakarta -

Tak cuma media sosial, penipuan berkedok investasi juga dilakukan melalui aplikasi kencan online. Ada seorang wanita yang tertipu hingga Rp 2 miliar oleh temannya yang berasal dari dating apps.

Risky Dhamayanti menjelaskan, dia berkenalan dengan Noah Fang pada November tahun lalu. Dia diajak berinvestasi di sebuah aplikasi trading digital currency bernama Jianhong Era.

Dia menyebutkan, ketika diajak berinvestasi Risky diberikan tautan website gslx20.com. Di mana di dalamnya ada aplikasi Jianhong Era tersebut.

Dari tangkapan layar yang diberikan, ditampilkan nama aplikasi Jianhong Era dengan kategori financial. Aplikasi ini sudah diberikan rating oleh lebih dari 5.000 orang dan mendapatkan rating 4.9.

"Untuk situs www.gsix20.com sudah nggak boleh dibuka sama orang Polda, karena masuk Scamming," kata dia saat dihubungi detikcom, Selasa (31/8/2021).

Risky mengungkapkan aplikasi tersebut berasal dari China. "Waktu itu saya mulai curiga ketika diminta membayar pajak untuk ekspat karena itu aplikasi katanya China punya," jelasnya.

Pria yang memiliki kewarganegaraan Hong Kong ini memang meminta Risky untuk berinvestasi di digital currency.

"Saya sempat dikasih link website Jianhong Era dan bisa saya lihat-lihat, memang muncul tampilan seperti aplikasi trading," kata Risky.

Risky mengungkapkan Noah sangat lancar menjelaskan keuntungan-keuntungan yang akan didapatkan jika berinvestasi di website dan aplikasi tersebut. "Dia menyampaikannya meyakinkan banget, keuntungan bisa sampai 20%," ujar Risky.

(kil/dna)