Wakil Menteri Dapat 'Bonus', Faldo Maldini: Ini Apresiasi

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Selasa, 31 Agu 2021 20:24 WIB
Faldo Maldini
Foto: Dok. Istimewa
Jakarta -

Sebanyak 15 orang wakil menteri akan mendapatkan uang penghargaan hingga Rp 580 juta pada akhir masa jabatannya. Ini tertuang di Perpres Nomor 77 Tahun 2021 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Presiden Nomor 60 Tahun 2012 tentang Wakil Menteri.

Menanggapi hal tersebut Staf Khusus Mensesneg, Faldo Maldini menjelaskan jika selama ini menteri mendapatkan uang pensiun. Sedangkan untuk wakil menteri tidak mendapatkan.

Hal ini yang dijembatani oleh pemerintah. "Ini apresiasi buat orang yang sudah mengurusi jutaan rakyat Indonesia. Peraturan ini berlaku untuk seluruh wakil menteri termasuk yang menjabat pada kabinet sebelumnya," kata dia dalam keterangannya, Selasa (31/8/2021).

Dia menyebutkan besar uang penghargaan yang diterima berbeda-beda sesuai lama menjabat. Bahkan, yang sudah meninggal pun diberikan ke ahli waris, sesuai dengan perhitungan masa pengabdiannya.

Faldo menyebut pemerintah menghormati dan hargai berbagai pandangan. "Yang jelas, ini tidak ujug-ujug, memang sudah lama dipersiapkan. Apresiasi ini sudah selayaknya lah. Yang tidak sensitif, kalau lari dari tanggung jawab. Pemerintah selalu berupaya hadir, angka trend pandemi sudah mulai membaik setiap harinya, walaupun kita terus siap dan waspada," jelasnya.

Sebelumnya disampaikan untuk para wakil menteri yang telah berhenti atau berakhir masa jabatannya sebelum Perpres ini diundangkan juga akan diberikan uang penghargaan. Lalu untuk wakil menteri yang meninggal dunia dan belum mendapatkan uang penghargaan maka uangnya akan diberikan kepada janda/duda atau ahli warisnya.

Berikut daftar 15 nama wakil menteri yang tengah menjabat saat ini:

Wakil Menteri Luar Negeri Mahendra Siregar
Wakil Menteri Pertahanan Muhammad Herindra
Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara
Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga
Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Alue Dohong
Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Budi Arie Setiadi
Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan rakyat John Wempi Wetipo
Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi
Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang Surya Tjandra
Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo
Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo
Wakil Menteri BUMN Pahala Mansury
Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono
Wakil Menteri Pertanian Harvick Hasnul Qolbi
Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Edward Omar Sharif Hiariej

(kil/dna)